Gara-gara Baguette

Tahun 2011, tahun paling bahagia! Akhirnya saya dapet beasiswa S2, trus salah satu negara yang bakalan saya tinggalin adalah Prancis olala!

Sebenernya pas brangkat, saya berasa pede teramat sangat. Halah palingan ga jauh beda ama pas dulu tinggal di Inggris (padahal itu mah udah 9 tahunan yang lalu, tinggal di Inggris pas papa studi, masih umur 10 tahun pula). Ternyata saya terlalu songong, karena pas baru sampe Lyon hari pertama aja udah berkaca-kaca.

Jadi ceritanya di Indonesia saya udah siapin semua tuh, sampe peta-peta dan rute-rute bis diprint semua biar ga nyasar pas sampe Lyon. Rencana perjalanannya harusnya begini:

  • Jakarta – Kuala Lumpur untuk transit (lancar)
  • Kuala Lumpur – Amsterdam (lancar)
  • Amsterdam – Lyon (lancar)
  • Bandara Lyon – stasiun kereta api di Lyon (mulai ga jelas)
  • Stasiun kereta api – hostel (kacau!)
Sampe Lyon!

Jadi harusnya dari bandara Lyon ke stasiun kereta api naik kereta ekspres gitu tapi pas banget ya saya dateng kereta itu mogok. Untungnya pas di Amsterdam ada mbak-mbak dari Indonesia ngajak kenalan.

“Dari Indonesia ya mbak? Dari tadi saya ngliatin paspor ijo mbak…”

“Hehe iya mbak bener…” (Kok berasa distalking yak hahaha)

“Barengan ya mbak nanti di Lyon, baru pertama kali nih ke luar negeri. Nanti sampe Lyon ada temen saya yang jemput”

“Ok mbak!”

Lalu kami ngobrol ngalor ngidul sampe boarding.

Untunnnggg temen si mbak ini jago bahasa Prancis trus bilang kalo ada bis yang gantiin ni kereta api yang mogok. Sesampainya di stasiun kereta api, temen si mbak ngajakin beli roti di Paul. Yaudah saya manut aja karena perut udah kruyuk kruyuk laper. Saya nunjuk roti baguette yang ada tutul-tutul itemnya (wijen kaleee) trus isinya ham ama veggies gitu, sok-sokan makan baguette biar dikira wong Prancis.

Lalu kami bertiga meluncur ke pintu depan. Saya nanya ama temen si mbak,

“Mbak mbak kalo mau naek bis 25 kemana ya?”

“Itu tinggal nyebrang”

Lalu, lalu saya ditelantarkan ama si mbak dan temennya. Mbak, mbak, come back. Hiks!

Pas ada bis 25, langsung saya awe-awe (emang angkot diawe-awe). Sambil rempong naikin koper ke bis, saya bilang ama si supir bis mau ke hostel. Bukan “bilang” sih, lebih tepatnya pake bahasa tubuh sambil nuding-nuding peta dan nama hostelnya. Si supir bis geleng-geleng trus suruh saya naek bis lain. Piye tho aku ra donk. Trus mulai panik dan masih ngeyel ama mas supir pake bahasa Prancis nekad campur bahasa Inggris.

Untung ada tante-tante Prancis baek hati di belakang saya yang akhirnya donk kenapa saya diusir dari bis. Kami berdua akhirnya turun trus si tante njelasin bahwa per hari ini ada pergantian rute bis. HARUS BANGET YA HARI INI?!?!!

Si tante ini jago juga bahasa Inggrisnya. Padahal saya udah diwanti-wanti kalo orang Prancis jarang yang mau ngomong Anglais.

Anywaaaaay, bis yang bener akhirnya dateng dan si tante ini ternyata mau ke perhentian bis yang sama ama saya. Jadi saya tinggal masuk bis, ongkang-ongkang…eh ga juga dink, megangin koper yang mulai jalan-jalan sendiri pas bisnya mulai jalan, trus pas udah sampe destinasi si tante ngasih tau.

Abis au revoir au revoir-an ama tante baek hati, saya sampe terharu karena masih ada orang baek hati kayak si tante. Terharu juga karena bisnya berhenti pas di depan hostel. Akhirnya!

Akhirnya sampe juga ke hostel dengan selamat

Sampe di kamar hostel baru berasa sendirian, daaaaan mata mulai berkaca-kaca. Trus inget si baguette. Saya kluarin dan mulai makan.

Oalaaaaaahhhh baguettenya keras banget, gak cocok kali ya ama gigi saya yang biasa makan nasi. Trus karena cold sandwich jadi dingin (yaeyalaaaaaaaahhhhh), trus rasane aneh. Akhirnya cuma bisa abis separo, uaaaaaaa eman-eman euroku! Abis itu nangis mewek kangen omah. Gara-gara baguette!

Leave a Reply

