Salah Tangkep!

Pernah ga sih ke luar negeri trus salah tangkep pas lagi ngobrol ama orang lokal?? Kalo saya sih sering…ato mungkin cuma saya doank kali ya haha!

Salah Tangkep (1)

Jadi waktu saya tinggal di Inggris, suatu saat pas musim panas saya diajak temen saya ke summer camp. Waktu itu saya masih umur 12-an dan sebenernya udah lancar bahasa Inggrisnya (maklum kalo masih kecil bahasa kan cepet banget nangkepnya), tapi mungkin saya lagi rada oon dan belum sadar diri secara baru aja bangun tidur (pembelaan diri). 

Ceritanya pas lagi ngantri mau mandi, salah satu pembimbing campnya dateng trus nyapa saya. Dia nanya, “did you sleep well?”.

Saya donk nangkepnya: “did you sleep walk?”

Langsung saya jawab, “no!! Of course not!!”

Trus si kakak pembimbing ini langsung wajahnya berubah dari ceria ke agak gimana gitu, lalu dengan sopan dia bilang, “okkk, see you later then.”

Nah temen saya yang lagi mandi ternyata denger obrolan kami lalu langsung negur, “why are you so rude to her??”.

Saya bingung donk! Lah wong nanya sleep walk ato gak, emang saya gak sleep walk! Trus temen saya langsung tepok jidat dan geleng-geleng, malu kali punya temen sok pede kayak saya haha.

Salah Tangkep (2)

Nah kalo yang ini emang saya yang sok pede. Pas di Paris saya laper dan akhirnya beli sandwich. Nah saya nunjuk panini yang biasanya dipanasin dulu kalo mau makan. 

Kemampuan bahasa Prancis saya emang pas-pasan tapi kalo suruh beli makanan masih lumayan bisa asal gak ditanya macem-macem. Si mbaknya nanya pake bahasa Prancis, “mau dipanasin?”.

Saya beneran gak nangkep, saya kira dia nanya mau pake minum gak. Jadi dengan pede saya jawab pake bahasa Prancis, “ya, coca-cola ya”.

Mbaknya bingung trus nanya lagi, “dipanasin gak?”.

Saya dengan masih pede, “iyaaaaa coca-cola, yang diet yaaa…”.

Mbaknya dah mulai kesel kayaknya dah mau nglempar saya ke dalam oven. Lalu dia nanya lagi untuk ketiga kalinya, kali ini rada pelan, “mau dipanasin gak??”. 

Trus saya panik, trus ambil napas, lalu tiba-tiba *tink tink* OALAHHHHHH MAKSUDNYA MAU DIPANASIN THOOO! Maap ya mbak dah bikin emosi jiwa.

Salah Tangkep (3)

Nah kalo ini pas saya ke Singapore. Tau sendiri kan orang Singapore dan Singlish mereka yang terkenal. Waktu itu saya lagi pingin banget bubble tea jadilah saya mampir ke salah satu tempat bubble tea. Lalu saya langsung pesan hazelnut bubble tea. 

Eeeh lagi ngebayangin minum dingin-dingin bubble tea tiba-tiba mbaknya nanya, “with pel’ah?” (suer saya dengernya gini).

Saya: “sorry?”

Mbak Bubble Tea: “with pel’ah??”

Saya (udah mulai grogi): “ummm pardon?”

Mbak BT (udah mulai gregetan): “with pel’ah????” (sambil nuding gelas yang ada bola-bola itemnya)

Oalaaah tho mbak mbak maksudnya tuh PEARL! Trus kan mereka sukanya nambahin imbuhan “a” gitu kalo ngomong. Trus langsung saya angguk-angguk “yes yes”.

 

With pel’ah???
 

Biasanya kalo abis salah tangkep gitu saya malu sendiri tapi trus ngikik-ngikik sendiri. Kalo kalian pernah ga salah tangkep gitu? Critain donk!


8 thoughts on “Salah Tangkep!

  1. Ah aku pernah! pas masih saljuan di Zurich, di coffee room office, kolega bilang “have a nice day” dan terdengar seperti “have an ice tea”. Aku cuma termenung: …rodo edan ki londo, adem2 ngene kok nawani es teh.. dengan mangstab kujawab ” NO, Thank you”

    Like

  2. Hahahaha lucu banget yang pel’ah 😀
    Sejauh ini belom pernah salah nangkep, abis kalo nggak yakin cuma “hmm hmm” doang sambil senyum.
    Dan Singlish emang suka lucu. Saya demen banget kalo order di fast food joint terus kasirnya ngomong “having hiyah?” (having here maksudnya)

    Like

Leave a Reply

