Ketagihan Chia Seeds

Akhir-akhir ini saya lagi seneng banget ama chia seeds. Jadi awalnya saya diberitahu oleh salah seorang teman, katanya chia seeds ini bagus dan gampang untuk dikonsumsi. Dia juga bilang bahwa harganya agak mahal tapi mengingat manfaatnya ya wajar lah. Dia ngasih tau saya karena kondisi saya saat ini yang sedang sakit, mungkin berguna buat saya.

Jadi lah saya nyari chia seeds. Saya juga browsing tentang manfaat chia seeds ini dan ternyata banyak informasi yang berkata bahwa chia seeds ini termasuk super food. Saya juga ngobrol dengan kak Febby, dia pun mengiyakan bahwa chia seeds ini bagus.

Mama saya juga ikutan mengkonsumsi, mama makan chia seeds dengan cara dicampur ke oatmeal. Chia seeds memang ga ada rasanya jadi cocok aja di makanan apa pun. Kalau saya bereksperimen masukin chia seeds di minuman, setelah beberapa saat chia seeds ini berubah jadi kayak selasih, saya suka banget ama selasih jadi ga masalah. Kemarin saya coba campurkan ke jus delima dan enak. Well, ga ada rasanya sih, jadi ya “enak” bukan kata yang tepat hehe, tapi cocok jadi kayak jus delima campur selasaih aja.

Kalau kata keterangan yang ada di bungkus chia seeds saya, biji-bijian ini mengandung banyak manfaat termasuk sumber omega 3, magnesiumnya tinggi, antioksidan, menambah sistem imun dan masih banyak lagi. Lalu saya juga iseng lihat di internet dan banyak banget informasi tentang chia seeds, termasuk merendahkan kolesterol, memiliki protein yang tinggi bahkan membuat gigi dan tulang kuat. Wah wah…!


Oiya salah satu fakta yang menurut saya lumayan menarik tentang chia seeds adalah asalnya dari Meksiko dan Amerika Selatan dan saking supernya chia seeds ini jaman dulu orang-orang Mayan dan Aztec memakainya karena dipercaya memiliki kekuatan supernatural….wuiiiih!

Anywayyy….saya pingin coba bikin chia pudding yang sekarang lagi ngetrend, tapi belum sempet-sempet nih! Ada juga yang suka makan chia seeds? Share donk resep andalan kalian!

12 thoughts on “Ketagihan Chia Seeds

  1. Aku pake chia seeds buat di overnight oats Gy, semacam topping aja.. belum pernah coba diapa2in lagi sihh.. Eh terakhir ke Penang aku sempet beli di supermarketnya, relatif lebih murah daripada harga di supermarket Jakarta.. tau gak kalau di Amerika harganya padahal dibawah $10 lho huhuhuhu disini mahal sekaliiii

    Like

    • Ooo klo di overnight oats aku blm pernah nyoba hihi, dia jd kayak selasih juga gak? Iya aku jg beli di KL ya mayan murah, blm pernah beli di Indonesia, mahal banget ya Chris? Aku sempet liat di Toped sekilas tp ga gitu perhatiin harganya. Gpp lah mahal dikit asal makanan sehat hihi *pembelaan*

      Like

  2. Di sini yg merk itu ada paket lumayan murah, 1 kantong isi 3packs RM48.
    Ada juga yg paket murah merk lainnya, 3botol RM58 keduanya hanya beda merk & berat netto aja.

    Chia seed overnight pudding, sy membuatnya cukup simpel:
    β€’ botol kaca bekas selai / saos spagety yg udah dibersihkan & gak berbau (sy pake botol yg ada aja..)
    β€’ 3 – 4 Sdmakan chia seed
    β€’ Susu almond (bisa pakai yg bubuk 2,5 cup takar dilarutkan dengan air suam suam sebanyak 200ml)
    β€’ sedikit vanila (kalo mau..kalo ada..)
    β€’ 1 sd makan madu (kalo mau ..kalo ada)
    β€’ seujung sendok / sedikitttt serbuk kayu manis..
    β€’ kalo mau kalo ada, boleh ditambah potongan buah pisang or kurma Or mangga nanti pas mau dimakan berasa frutty segar! Bisa juga ditambah almonds flakes pas nanti mau dimakan. Enak banget jadinya frutty gurih garing renyah..

    #dalam botol tadi, isi air secukupnya jangan sampai kepenuhan. Tempel 3 Or 2 jari di botol utk pastikan isinya gak penuh
    #campur air suam & serbuk susu almond. Tambahkan madu vanila serbuk kayu manis. Aduk aduk sampai larut
    #secara bertahap, tambahkan chia seed dan aduk terus. Kalo ada seed yg masih menempel harus terus diaduk ..sampai tercampur rata
    #tutup botol dan simpan di kulkas. Besok pagi, dibuka & diaduk kemudian siap utk sarapan bisa dicampur juga dengan oats / overnight oats

    Dicoba ya,
    *kalo dekat mari tak buatin πŸ˜„

    Liked by 1 person

Leave a Reply

