Hal-hal Aneh di Romania

Selama menjadi mahasiswa, tempat yang paling menantang untuk ditinggali adalah Bucharest. Saat saya ditanya “abis dari Prancis kemana?”, saya jawab Bucharest, kebanyakan pada denger Budapest haha. Lalu saya selalu koreksi bilang, “bukan Budapest tapi BUCHAREST…”

Lalu hening.

Karena sebagian besar orang ga tau mana itu Bucharest. Atau tau tapi ga paham Romania itu dimana.

Saya juga kok. Awal-awal ga gitu tau Romania itu di belahan bumi mana. Ternyata dia termasuk Eropa Timur dan negaranya cukup besar.

Romania itu memang agak asing, baik untuk wisata maupun untuk studi. Saya memilih Romania karena memang jurusan yang saya inginkan di sini. Saya pernah nulis tentang program studi saya yang aneh dan pindah-pindah negara ini, mungkin ada yang tertarik mau apply juga.

Anywayyyy…Bucharest itu gede banget dan ternyata kehidupan mahasiswanya lumayan rame. Banyak banget mahasiswa di sini, tapi emang rata-rata orang Romania sih. Mahasiswa Indonesia gak banyak, yang saya kenal cuma 3 biji, itu pun kami gak satu kampus blas dan ketemu gak sengaja banget.

Saya tinggal di area kampus, di asrama. Di sekitar asrama saya banyak asrama-asrama lain. Udah biasa di Romania kalau tinggal di asrama itu gak bakal dapet kamar single, pasti sharing. Katanya asrama saya udah paling “luxe” (cieeh) karena banyak mahasiswa internasionalnya. Yang paling “luxe” ini aja harus sharing dengan satu orang. Yang asrama lain bisa share dengan 4-10 orang, makin banyak orang makin murah harga asramanya….gak kebayang gimana ramenya.

Oh ya, di area sekitar asrama saya selain ada asrama lain, ada juga toko semacam alfamart gitu, lalu ada resto-resto ala mahasiswa dan….club. Ehem, yap club yang jedag-jedug tiap malam. Katanya club yang deket asrama saya ini sempet dicomplain dan mau ditutup tapi kayaknya ga jadi haha.

20121006_163158
Ini jalan ke kampus dari asrama, lumayan cantik kalau cuaca bagus
Saya sering banget deh nemu hal-hal aneh di Bucharest. Mungkin anehnya di saya aja yah, buat mereka biasa aja haha. Tapi beneran deh liat aja, lucu dan aneh.

Tanda Depan Kamar

Awalnya yang punya kamar saya itu dua cewe Turki. Lalu di Bucharest tuh kalau masuk asrama terserah aja dan kalau mau pergi juga terserah aja tinggal bilang. Kalau di asrama saya di Prancis dulu agak ketat, semua dicek sebelum pergi, kalau di Bucharest mah bodo amat.

Jadi pas saya masuk kamar ya gitu deh…kotor! Walaupun saat itu sudah ada temen kamar (satu program sama saya) yang datang duluan, tetep aja ya kotor banget. Banyak peninggalan botol alkohol dari cewe-cewe sebelumnya, lalu mereka bikin beginian di pintu kamar…..

20120924_181120
Apparently this is a valid thing to do…
Jadi kamar saya gak punya nomer, tapi temen-temen pada tau ini kamar saya karena ada ciri khasnya haha!

When Drunk, Crawl?

Kalau lihat tanda kayak begini artinya apa? Saya sampe sekarang masih bertanya-tanya πŸ˜€

20121006_164011
???
Sign ini saya lihat di dekat asrama saya. Gak tahu ini maksudnya bercandaan atau gimana, tapi lucu.

Agar Buku Tidak Hilang…

Saya pernah naik kereta api dari Bucharest ke Brasov. Sistem kereta mereka lumayan bagus dan gak terlalu mahal untuk travel antar kota. Keretanya juga bagus dan nyaman. Tiap meja di kereta ada bukunya (tapi pake bahasa Romania sih), lalu sebagai solusi supaya bukunya gak dicuri dikasih kayak begini…

20121223_095019
Dirantai biar aman
Hmm…ide yang bagus!

Toilet for Geeky Girls

Pas saya mau ke toilet di kampus saya, saya liat sign ini…

20120925_140937
Silahkan bawa laptopnya
Saya kuliah di Fakultas Computer Science, jadi pas banget ya haha.

Masalah Laundry

Anehnya di area tempat saya itu gak ada laundry, ga disediain pun mesin cuci. Gak tau ini saya yang gak update ato gimana, karena saya udah nanya-nanya juga ke koordinator asrama dan dia malah ngasih saran suruh ngasih cucian saya ke ibu-ibu gitu yang akan nyuciin (untuk pengalaman ini saya akan tulis terpisah deh, abisnya seru juga). Nah alhasil saya beli ember dan cuci tangan.

20121012_153330
Ngucek pakek tangan deh
Sedih ya? Ga juga sih, saya sih pas itu ketawa-ketawa aja. Kok mirip kayak pas ngekos di Jakarta haha.

Penemuan di Supermarket

Jadi pas saya dan HMF ke Carrefour deket kampus. Kami sedang belanja biasa untuk kebutuhan makan sehari-hari. Lalu pas liat-liat saya nemu ini:

20121013_170220
Beli ga yaaaa
Saya dan HMF langsung ngikik-ngikik kayak anak kecil. Ternyata salah seorang temen Romania saya bilang itu sejenis makanan terbuat dari ikan. Haha!

Nah itu dia beberapa hal aneh yang saya alami selama tinggal di Bucharest. Udah pernah denger Romania belum? Udah pernah ke sini? Pernah lihat hal-hal yang aneh-aneh lucu kayak saya gak? Critain donk πŸ™‚

Advertisements

16 thoughts on “Hal-hal Aneh di Romania

  1. Denger soal Romania dan Bucharest sih sejak masa kecil, waktu ramai2nys Nicolai Ceausescu dan istrinya dieksekusi oleh rakyatnya. Tapi jujur belum pernah baca hal-hal menarik tentang kota dan negara itu. Dan sebenarnya penasaran sih, kira-kira menarik gak ya kalau jalan-jalan ke sana.

    Thanks lho udah berbagi di sini, jadi sedikit dapat bahan gambaran tentang Bucharest dan Romania. Siapa tau kapan-kapan sempat berkunjung ke sana.

    Like

    • Negara yang sangat menarik untuk dikunjungi πŸ™‚
      Bucharest mnrtku ga terlalu wow tapi Brasov dan negara2 Transilvinia lainnya bagus banget, apalagi alamnya πŸ™‚

      Like

    • Huahahah lucu yaaa. Gw sih ga biasanya ngeh sign2 aneh, tapi entah kenapa pas di Romania ini kok pas aja gw ketemu yang aneh2 gini, eh jadinya setelah tinggal di Romania gw jadi lebih mengamati lho hahaha

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s