Ada Apa di Art Jog 9?

Mumpung saya ada di Jogja, saya sempetin diri untuk mampir ke Art Jog 9. Tahun lalu saya udah pernah denger tentang acara ini, tapi karena sedang sakit jadi gak bisa dateng. Nah karena sekarang udah mendingan jadi saya bela-belain dateng.

Acara ini diadakan di Jogja National Museum…lalu saya bengong, emang Jogja punya museum nasional? Tempatnya pun deket rumah saya. Lah gak update banget sih saya. Ternyata ini galeri seni kontemporer…ooo baru tau.

Nah taun ini Art Jog temanya Universal Influence. Ternyata tiap tahun selalu ada instalasi art di depan gedung, saya lihat di websitenya mereka sih, kok keren-keren yah yang taun-taun lalu, lalu nyesel deh gak pernah dateng. 

Waktu mau masuk harus beli tiket dulu, harganya 50rb tapi kalau mahasiswa cuma 25rb, berhubung ga bisa ngaku-ngaku sebagai mahasiswa yaudah deh beli tiket normal. Eehh pas bayar ditanya, “punya e-money?”. Opo kuwi e-money?! Ternyata kayak semacam kartu top up gitu lah dari Mandiri (yang adalah sponsornya si Art Jog). Jelas saya ga punya, lha kok disuruh beli kartu e-moneynya seharga 10rb. Huh. Jebakan.

Yaudahlah akhirnya saya beli kartunya, lha kalau ga beli ga bisa masuk. Kesel tapi lagi ga mau marah-marah jadi ya wes.

Pas masuk saya diberi tahu ada tiga lantai. Ya ampun, gede juga yah ternyata tempat ini. Saya suka banget ama gedungnya yang gede dan nyaman lalu bersih dan putih-putih semua gitu. Mas mas dan mbak mbaknya yang jaga juga ramah-ramah dan mereka ada dimana-mana. Oya mereka kalau ditanyain tentang arts-nya juga bisa jelasin lho, asik juga diskusi ama mereka. Semua instalasi arts-nya ga boleh disentuh, trus para staff ga akan segan-segan untuk negur lho kalau ada yang deket-deket gitu (liat sendiri, tapi bukan saya ya hahaha)

Saya seneng liat bermacam-macam instalasinya dari lukisan hingga yang aneh-aneh. Ini beberapa favorit saya:

Tiger Trap (Karya: Joko Dwi Avianto)

IMG_3249

Ini karyanya tentang satwa Indonesia yang semakin berkurang karena beberapa industri yang semakin ga peduli dengan lingkungan. Di sini si artis terutama fokus pada harimau yang populasinya semakin menurun. Liat ini jadi sadar dan sedih, kejam amat ya manusia sampe gak peduli sama binatang, apalagi kan kita tinggal di negara yang binatangnya cukup banyak, harusnya hukum lebih tegas untuk masalah perlindungan satwa.

Undisclosed Identity (Karya: FX Harsono)

IMG_3212

Yang ini tentang orang Tionghoa di Indonesia yang sering kali dianggap sebagai pendatang walaupun sudah sah menjadi warga negara Indonesia. Satu ruangan isinya foto-foto jadul, bikin merinding deh masuk sini. Disebutkan si artis ingin menunjukkan bahwa di foto terlihat bahagia dan bebas padahal mereka harus menghadapi sisi hukum yang rumit. Uih dalem banget lah, saya sampe terharu loh.

Street Talk Series (Karya: Eko Nugroho)

IMG_3199

Yang ini luar biasa deh. Jadi karya ini dibordir secara manual! Gila ya, itu pasti ribet banget. Gambar-gambarnya adalah foto-foto dari travelnya yang menggambarkan bermacam-macam ekspresi seperti cinta, kekerasan, dsb.

Sumbu Kosmik Memori (Karya: Angki Purbandono)

IMG_3218

Nah kalau yang ini asik banget. Foto-foto digital diprint di media akrilik lalu dipasang seperti lampu besar gitu. Wah kalau bisa sih saya beli ini dan dipasang di rumah saya hihi.

 

Oiya saya juga nanya kan sama salah seorang staff yang jaga apakah karya-karya ini dijual atau gak. Dia bilang semuanya dijual, kalau tertarik bisa langsung menghubungi staff aja. Ooo…bukannya saya mau beli sih karena mahal-mahal. Mas staffnya juga bilang karya yang paling mahal itu punyanya Djoko Pekik dengan judul Sirkus Adu Badak. Berdasarkan keterangan masnya, katanya ini menceritakan tentang Order Baru dimana Indonesia dimonopoli sistem perekonomiannya oleh orang luar dan rakyat Indonesia sendiri hanya bisa menonton saja.

IMG_3263
Ada yang tertarik beli?
Nah bisa tebak harganya berapa?

4.8M.

Iya MILYAR. Dan itu hanya OPENING PRICE-nya saja lho. Ehem. Oke sip, saya beli suvenir di gift shop saja yaaah.

Advertisements

16 thoughts on “Ada Apa di Art Jog 9?

  1. Aku belum kesitu tuh sampe sekarang. Kehalang harus e money dan selisih mahasiswa dan umum yg jauh banget. Kmaren ada sih yg ngajakin bareng pake KTM dia. Tp rada gimanaaa gitu rasanya kalo ngakalin :d

    Like

  2. Aku udah 2 atau 3 kali dateng artjog ini dan entah kenapa selalu bagus..2 artjog terakhir ga dateng karena udah merantau dan kaget banget liat harga tiketnya yg udah mahal aja..ga pernah bosen dateng ke artjog karena art yg ditampilkan punya pesan2 dan kritik sosial yang selalu berbeda tiap taunnya..aku suka yg undisclosed identity padahal agak sedih gtu message nya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s