Tentang Rumah Tua di Singapura

Lagi-lagi saya di Singapore karena sedang menunggu hasil scan dan dokter saya libur lebaran. Dok…trus saya nasibnya gimanaaa? Mau balik ke Jogja tiket pesawat udah selangit yauda deh jadinya saya ke Singapore naik bis, ke tempat adik saya seperti biasa *sayang-sayang adik tercinta yang sering ditebengi*

Nah karena saya gatel kakinya, jadi saya diajak papa saya keliling daerah Kampung Bahru, si papa tau aja anaknya suka gedung tua-tua. Nah ternyata di sini surga banget! Banyak rumah-rumah tua ala Peranakan gitu yang cakep banget. Daerahnya enak, sepi dan rumahnya semua bagus. Jadi lah saya kegirangan liat-liat sambil fotoin.

Saat fotoin salah satu rumahnya, ternyata ada bapak-bapak yang lagi bersih-bersih di depan. Dia nyapa saya dan nanya “mau masuk gak? Rumah saya ini heritage lho…”

Wuaaa oom kok baik amaaatt sih! Ya tentu saya mauuu *mata berbinar-binar*.

 

Tampang depan rumah si oom

Jadinya saya ama papa masuk, saya pas di dalam nanya “do you mind if I take pictures?”, soalnya kadang di dalam rumah heritage gitu ga boleh foto. Dan benar, dia bilang “mending jangan ya, tapi klo luarnya boleh kok”. Yaudah deh, lalu asik ngobrol ama si oom ini.

Ternyata dia jualan barang-barang antik, dalamnya sih ga kayak toko tapi dia bilang kayak “garage sale”. Ada foto-foto tua ampe mesin jahit jaman jadul. Rumahnya memang udah direnovasi tapi dia masih mempertahankan bentuk awalnya. Masih ada juga sumur yang dari jaman awal berdirinya rumah ini dan sampe sekarang si oom masih pakai untuk nyiramin tanamannya. Oh iya masuk ke rumah itu langsung nyesssss adem lho padahal gak pake AC dan di luar panasnya amit-amit.

Lalu saya juga dapet informasi menarik tentang rumahnya. Ternyata rumah itu udah dari tahun 1860an. Pas rumah ini dibeli si oom, awalnya tuh facade depan rumah (yang lantai atas) dicat putih. Nah pas itu si oom ini ngerenovasi dan saat catnya dihapus ternyata bawahnya ada muralnya gitu. Muralnya cantik pula! Jadilah akhirnya si oom mempertahankan muralnya ini dan sampe sekarang masih keliatan. Cakep deh! Suka banget ama rumahnya dan jadi tau kira-kira di dalam rumah-rumah tua ini ternyata bagus juga dan sangat adem!

 

Rumahnya yang sebelah kiri, itu mural depannya, cantiikkk!

Si oom ini nyewain kamar-kamarnya yang di atas (ada 6 biji), dan harga sewanya lumayan mahal tapi menurut saya sih untuk ukuran di Singapore dan mengingat ini heritage home, yaaaa wajar. Mau tau gak? Klo sewa sebulan 2500SGD, klo per hari sekitar 120SGD. Waw lumayan juga yah, tapi kalau nginep di hotel per harinya juga segitu kok (kenapa belain si oom ini, dapet komisi aja kagak haha).

Eh saya sih ga dapet apa-apa dari si oom tapi kalau ada yang tertarik bisa hubungi saya untuk dapetin contactnya si oom, kemarin saya minta kartu namanya (semoga masih ada dan gak ilang!) siapa tau tiba-tiba dapet rejeki dan bisa ngrasain nginep di heritage home (amiiinn!).

Walau baru bisa jalan-jalan ke Singapore, seneng bisa ke tempat-tempat baru yang isinya rumah-rumah tua. Untuk selanjutnya saya akan bahas di blog travel saya deh.

Oya ikutin update saya di Singapore di Instagram saya yaaa.

Nah kalau kamu kalau ke Singapore ke mana aja? Suka hunting rumah-rumah tua kayak saya gak?

12 thoughts on “Tentang Rumah Tua di Singapura

  1. Waaahh rumahnya bagus bangeeett! aku kok kalau ke Singapore sangat standar keliling Orchard aja sukanya hahaha.. walaupun ngga belanja tapi aku suka duduk di kafe terus people watching, kadang2 malah gausah di kafe duduk depan Ngee Ann situ aja udah seneng hehehe

    Like

  2. Pantesaaaaan dibolehin masuk. Ada sewain kamar toh whihihihi. Unik ihhhh rumah2 lama SG. Ku baru tau setelah liat IG kak aggy loh kl ternyata di SG ada rumah tua khas ~.~’ hahahaha.

    Penasaran dlm nya kyk apaaaa!

    Like

    • Iyaaa dia sekalian promosi rumahnya huahauau…rata2 dalemnya sama kayak rumah Peranakan. Di blog DEW aku bahas lebih detail, ada juga tur ke salah satu rumahnya di daerah ini. Bagus2 yak rumahnya 😍

      Liked by 1 person

Leave a Reply

