Cancer Talk #15: Mengenal Kemoterapi (Understanding Chemotherapy)

(English version of this post is below)

Saya gak gitu tau tentang kemoterapi (kemo) saat terkena kanker. Yang saya tau hanya “sakit”, “mual”, “bikin gundul”. Belum apa-apa saya udah ketakutan.

Wajar saja sih kalau gak terlalu mengenal kemoterapi kalau tidak pernah berhubungan dengan penyakit kanker. Post ini bermaksud untuk memberi sedikit informasi tentang kemoterapi karena saya tahu banyak teman saya yang gak terlalu paham jadi pingin kasih liat aja sih kemo itu kayak apa. Namun perlu saya tekankan bahwa ini hanya sebatas pengalaman saya ya. Ingat bahwa pengalaman kemo setiap orang berbeda-beda jadi tidak bisa disamakan jadi saya bahas yang saya alami saja. 

Apa sih Kemoterapi?

Kemoterapi adalah salah satu cara untuk “membasmi” sel-sel kanker. Biasanya memakai obat kimia. Cara kerjanya adalah dia menghentikan sel-sel yang berkembang cepat. Nah sel-sel kanker termasuk yang berkembang cepat, sehingga kemoterapi diharapkan untuk menghilangkan sel-sel ini. Sayangnya kemoterapi tidak bisa membedakan mana yang sel kanker mana yang bukan, jadi dia basmi semuanya. Maka dari itu kadang ada pasien yang gundul atau kukunya hilang/rusak, itu karena sel-sel rambut dan kuku termasuk yang bertumbuh cepat juga.

Prosedur Kemoterapi

Banyak temen-temen saya yang nanya begini:

“Kemo itu masuk ke lorong gitu caranya?”

“Kemo itu disinar-sinarin gitu ga sih?”

“Haduuh pasti sakit banget ya?”

Wajar sih nanya begitu karena saya pun kalau gak kena kanker juga gak bakal tau kemo itu digimanain. Kalau gak tau pasti bayanginnya serem padahal prosedur kemo itu gak serem blas.

Kalau saya cuma diinfus. Iya diinfus, kayak diinfus biasa aja. Obatnya macem-macem, tergantung jenis kankernya. Waktunya juga macem-macem, saya sekali kemo bisa 2-5 jam, tergantung dengan obatnya. Sekali kemo juga bisa beberapa obat, tergantung dokternya ngasih apa aja. Gak ada sakit-sakitnya blas, lha wong cuma diinfus (paling sakit pas masukin jarum infusnya, tapi saya pakai PICC Line kan jadi gak sakit hehe). Saya juga sering kemo sambil makan, nonton TV atau baca buku (trus temen-temen kalau dibilangin biasanya reaksinya “hah kok bisa??”, sekarang tau kan kenapa).

Kemo saya seperti ini, yang warna ungu itu isinya obat kemo saya. Dikasih bungkus ungu gitu hanya untuk bedain obat yang kemo sama gak aja sih – gak serem kan?
Kalau saya prosedurnya biasanya gini:

  • Disuntik lewat infus obat anti mual dan steroid (kalau saya kemo selalu “partner”nya steroid ini huh)
  • Lanjut dengan infus obat pertama sampai obat terakhir
  • Setelah obat kemonya selesai biasanya dikasih cairan infus biasa biar badannya gak dehidrasi

Udah gitu doank sih.

Oh ya saya pernah juga makan obat kemo oral, maksudnya gak pake infus jadi cuma minum kayak pil/tablet gitu. Bedanya dengan pil/tablet biasa adalah saya ga boleh sentuh obatnya, harus pakai sarung tangan dan obatnya harus ditaruh di kulkas. Saya makan obatnya selama 7-10 hari sesuai dengan instruksi dokter.

Siklus Kemo

Jadi kemo itu gak kayak minum obat biasa yang beberapa hari minum trus sembuh. Butuh waktu yang panjang. Biasanya dokter akan kasih tahu harus dikemo berapa kali tapi di kasus saya, dokter ga kasih tahu karena saya ada komplikasi liver jadi dokter harus banyak menyesuaikan obat.

Satu sesi kemo itu juga membutuhkan beberapa minggu. Untuk lebih detailnya saya coba jelaskan seperti ini:

  1. Hari 1: Pertama-tama saya akan diinfus dengan berbagai obat kemo seperti yang sudah saya jelasin di atas. Nah efek kemo bagi saya itu gak instan, jadi setelah dapat kemo ya saya biasa aja, gak sakit atau apa, malahan laper banget karena efek steroid.
  2. Hari 2-8 (Minggu 1): Biasanya dokter akan lihat kondisi saya dengan cara cek darah. Kemo saya yang sekarang mengharuskan saya untuk kemo satu obat lagi di hari ke-8.
  3. Hari 9-15 (Minggu 2): Nah ini biasanya saya julukin “minggu guling-guling kesakitan” karena memang di minggu kedua setelah kemo biasanya saya mulai merasakan efek kemo. Di minggu kedua ini sudah pasti hasil darah saya buruk banget. Solusi yang diberikan dokter saya adalah diberi suntikan di perut (ini agak sakit sih tapi karena udah sering jadi biasa aja sekarang hahaha, sok berani) untuk menaikkan sel darah putih dan transfusi darah. Oh ya rambut rontok juga dimulai di minggu kedua ini. Di minggu kedua ini saya juga disarankan untuk ga kluar-kluar ke tempat ramai.
  4. Minggu 3: Pemulihan. Nah di minggu ini biasanya dokter saya “ngasih cuti” untuk pemulihan. Kalau sudah di minggu ketiga saya udah gak kesakitan lagi dan bisa gaya kesana kemari haha.

Nah liat sendiri kan, satu kali kemo aja membutuhkan waktu sekitar 3-4 minggu. Jadi memang pasien kanker itu harus ekstra sabar ya. 

Efek Samping

OK, mari bicara efek samping. Perlu saya tekankan sekali lagi bahwa efek kemo berbeda-beda untuk setiap orang karena sangat tergantung dengan kankernya sendiri dan juga obat yang digunakan. 

Misalnya saya sudah merasakan beberapa jenis obat kemo dan efeknya pun beda-beda. Ada yang mual, ada juga yang gak, ada yang bikin kuku saya ngelupas, ada juga yang gak, ada yang bikin gatel-gatel, ada juga yang gak. Nah saya aja beda obat bisa beda-beda efeknya, apalagi orang lain yang beda kasus kan. Maka dari itu ada baiknya kalau ada teman yang terkena kanker jangan ditakut-takuti dengan pengalaman kemo orang lain karena gak mungkin sama.

Berikut ini beberapa efek samping yang pernah saya alami:

  • Rambut rontok. Awal-awal kemo rambut saya gak gitu rontok (mungkin karena dosisnya rendah banget) nah tapi setelah liver saya sudah lumayan sembuh, dokter mulai kasih yang dosis agak tinggi dan langsung bye bye rambutku.
  • Gatal-gatal. Beberapa kali saya rasakan gatal-gatal di kulit yang lumayan ekstrim sampai minta obat ke dokter. Untuk kemo yang sekarang sih ga terlalu gatel, kalau pun gatal karena gak mandi sssst!
  • Kuku terkelupas. Yap pernah donk kuku saya kayak kiwir-kiwir lepas separo, gak semuanya sih tapi kan serem juga. Untungnya langsung tumbuh balik dan sampai sekarang efek samping ini ga datang lagi (sekarang kuku jempolnya aja sih rada item tapi ga masalah).
  • Sariawan. Ini udah sangat biasa bagi orang kemo karena sifat kemo yang super panas di tubuh. Saya pernah sekali sariawan satu mulut penuh sampai gak bisa makan dan harus diinfus vitamin….pengalaman yang mengerikan. Untungnya sekarang gak dan semoga gak pernah lagi.
  • Susah BAB. Ada juga yang malah diare, pokoknya salah satu deh. Tapi ini bisa disiasati dengan minum jus buah dan sayuran kok.
  • Gak nafsu makan. Saya pernah gak nafsu makan banget tapi itu waktu awal kemo. Dengan obat kemo yang sekarang gak pernah gak nafsu makan, malahan makannya banyak banget gak ketulungan. Oh ya kadang saya juga sering ga bisa ngrasain rasa makanan alias lidahnya mati rasa tapi cuma beberapa hari aja kok.
  • Mual. Banyak banget yang ngalami mual-mual. Memang saya pernah ngalami ini juga tapi sekali lagi untuk kemo saya yang sekarang gak terlalu. Pernah kerasa mual saat darah saya lagi drop banget tapi selain itu gak pernah. Dokter saya juga kasih obat anti mual untuk jaga-jaga.
  • SemutanBiasanya kalau kemo ujung jari-jari saya kayak semutan permanen gitu, rasanya kayak mati rasa.

Nah itu kumpulan efek samping yang pernah saya alami, ngalaminnya beberapa aja per kemo jadi gak semuanya saya alami di saat yang bersamaan.

Semua efek samping ini sudah diinformasikan oleh dokter dan suster saya sebelumnya dan menurut saya sangat penting bagi pasien yang akan dikemo untuk mengetahui semua efek samping yang mungkin terjadi. Tapi saat saya memulai kemo, saya gak terlalu mikirin efek samping itu soalnya gak pingin ketakutan sendiri. Saya dinasehatin oleh teman mama saya, seorang survivor kanker, bahwa saya gak perlu ketakutan karena tiap orang beda pengalamannya.

Makanan

Saat kemo saya dinasehatin oleh seorang ahli nutrisi bahwa ada beberapa makanan yang gak boleh saya makan saat kemo (sebenernya gak boleh makannya Minggu 1-3 sih, kalau hasil darah sudah kembali normal gak terlalu masalah) karena tubuh gak memiliki imunitas maksimal. Berikut ini beberapa aturan yang harus saya ikuti:

  • Menghindari soft cheese, yoghurt dan makanan mentah seperti sushi.
  • Sayuran harus dikupas (seperti timun) atau direbus dahulu
  • Buah-buahan harus dikupas (misalnya mau makan stroberi sih boleh-boleh aja tapi harus dikupas satu-satu hihi)
  • Makanan sebaiknya freshly cooked (alias yang sudah dimasak lebih dari 4 jam sebaiknya dihindari, kayak nasi padang gitu ga boleh..hiks padahal suka banget)
  • Lebih baik masak sendiri jadi bisa lebih terkontrol kebersihannya (kalau pun harus beli, cari tempat makan yang bersih)
  • Sebaiknya makan makanan yang dikemas kecil-kecil sehingga langsung habis (misalnya kalau mau makan saus tomat beli aja yang kemasan kecil-kecil jadi langsung habis dan gak nyimpen)

Yang saya inget cuma itu sih dan memang itu yang paling penting. Selain itu mah terserah aja mau makan apa.

Kalau saya makan es krim boleh-boleh aja asal yang dibungkus satuan kayak gini

***

Sekian dulu saya informasi tentang kemonya, ini merupakan beberapa hal dasar saja sih jadi kalau ada teman yang terkena sakit kanker bisa sudah sedikit tahu apa itu kemoterapi. Kemoterapi juga bukan satu-satunya jalan untuk menendang kanker, ada juga radiasi (saya pernah tapi hanya sebentar, saya bicarakan lain waktu deh), operasi (saya gak pakai operasi) dan stem cell transplant. Semoga informasi saya ini membantu dan maaf kalau ada salah-salah kata medisnya, maklum orang awam.

 


 

I didn’t know much about chemotherapy (chemo) when they told me I had cancer. All I knew were “painful”, “nausea”, “makes you bald”. So I was scared before my chemo even started.

It’s completely normal to know so little about chemo, especially when you have no experience with cancer. This post is meant to give a little insight of what chemo is as I know some of my friends have no clue, and I’d just like to give a little glimpse of what I’ve experienced. Note that I am writing based on my own experience and may be very different to what others have experienced.

What is Chemotherapy?

Chemotherapy is one of the ways to get rid of cancer cells. It’s basically drugs that stop cells that grow rapidly, like cancer cells. Unfortunately these drugs can’t tell the difference between cancer cells and healthy cells, so in simple words: it destroys all cells (that grow rapidly). This is the reason why some patients have side effects such as bald hair and damaged nails, as they are healthy cells that form new cells quickly.

The Procedure

A lot of my friends ask me these questions:

“Chemo is when you’re put into a tunnel thing right?”

“Is it where they put those lasers on your body?”

“It must be so painful!”

Well, it’s normal to ask those questions because when you’re not associated with cancer, sometimes you hear “rumours” of chemo. People think the procedure is super scary, but in my case it wasn’t bad at all (and this is coming from a girl who used to be petrified with needles).

I had the intravenous (IV) chemo, yes, it’s just normal IV but the drugs are chemo drugs. The drugs depend on the cancer and how many drugs you receive per chemo cycle also depends on the cancer. It usually takes me 2-5 hours per chemo cycle depending on the drugs. It doesn’t hurt at all when I received my chemo since I used my PICC Line. I was either reading, watching TV or eating whilst receiving chemo (and when I tell my friends this they’re like “What?! How come?!”, now you know why).

This is what my chemo looks like, the purple bags are just to differentiate the chemo drugs from the regular ones.
This is what usually happens when I receive chemo:

  • Through my IV the nurse would inject an anti-nausea drug and steroid
  • Then they would inject through my IV the first drug, once finished they continue to the second drug and so on depending on how many drugs I have.
  • After it is all done, they put me on drips just to keep my body hydrated.

And that’s it.

Once I also took oral chemo which was basically chemo but not through IV but in the form of pills/tablets. I wasn’t allowed to touch the drugs and had to use gloves. Also the drugs had to be stored in the fridge. I took it for 7-10 days, according to my doctor’s instruction.

Chemo Cycle

Chemotherapy is not like taking normal drugs where you take it for several days and expect to get well soon after that. It is a long process and doctor usually informs cancer patient how many cycles you need to do. In my case though, my doctor didn’t give me the exact number of cycles since I had a liver abnormality so he had to adjust the drugs according to my liver’s capability.

One chemo cycle takes a few weeks to do, I’ll try to explain:

  1. Day 1: First, I was given chemo through IV with the drugs given by my doctor. The side effects are not instantly felt so after chemo usually I feel completely fine, in fact I get super hungry (the side effect of steroid).
  2. Day 2-8 (Week 1): Usually the doctor would see my condition by checking my blood. For the set of chemo I’m doing now, my doctor gives me one more chemo drug specifically for day 8.
  3. Day 9-15 (Week 2): Week 2 is my worst week as it is the time where I would feel all the side effects. For sure my blood result would be really bad and my doctor would give me injection in the stomach (this hurts a bit but you get used to it) to boost my white blood cells and also blood transfusion. Hair fall would also start on this week. Usually during this week, I am not allowed to go to crowded places.
  4. Week 3: Recovery. This week would be my recovery time, I wouldn’t be in pain anymore and my doctor would give me “time off” to just relax and get myself ready for my next chemo.

So you’ll see that one chemo cycle takes around 3-4 weeks (without complication) and so you need to stock up a lot of patience.

Side Effects

OK, let’s talk about the side effects. I need to stress once more that everyone has different side effects as it depends on the cancer itself as well as the drugs used so you can’t say it’s all the same.

For example, I have tried several different chemo drugs and each time the effects were different. Even for the same case treated with different drugs, I felt different side effects therefore it’s important not to generalise and not to scare people who are about to do chemo with other people’s chemo experience. 

Here are some of the side effects that I experienced (note that I didn’t feel them all at the same time but only a few depending on the chemo drugs):

  • Hair fall. On my first chemo sessions my hair didn’t fall out (maybe it’s because of the low dose that were given to me) but after my liver was better, my doctor gave me a higher dose and my hair started falling out.
  • Itchiness. I remember at some point the chemo drugs made my skin super itchy that I had to ask my doctor for medicine. For the chemo I’m doing now, no itchiness.
  • Nail loss. OK I didn’t loose my nails but it was sort of loose and I lost about half of it. It was kinda scary though it didn’t hurt and grew right back after a short while. For my current chemo, my nails look normal just a bit dark in colour for the thumbs (no idea why).
  • Mouth ulcers. This is very common as chemo is very hot for our body and I had it just once when I was given a special chemo drug. It was hell as I couldn’t eat and had to be given vitamins through my IV for 2 days, it was a horrible experience but thankfully I haven’t had ulcers again…let’s keep it that way.
  • Constipation. Some patients suffer diarrhea but I had constipation. I tackle this one by drinking lots of juice and veggies so it wasn’t that bad.
  • Loss of appetite. This is very common and I did experience this with certain drugs though now I don’t experience it at all. In fact now I eat way too much. Sometimes I also loose my sense of taste, like I cannot taste anything but usually this only happens a few days.
  • Nausea. Feeling nauseous is also extremely common, my doctor gave me anti-nausea pills and they help a bit when I was feeling really sick. For my current treatment I rarely feel nauseous.
  • Pins and needles.  The tips of my fingers felt slightly numb with “permanent” pins and needles, it didn’t bother me much unless I need to “feel” something like I couldn’t tell if my face is smooth or not.

Those are my side effects and the ones that I notice. I was already informed of all these side effects by my doctor and nurses beforehand and I think it is extremely important that a patient knows all the possible side effects before starting chemo. However, when I started doing chemo, I started with a blank slate as I was told by my mum’s friend who is a cancer survivor that it was no use to be scared as each person would have a different experience.

Food

During chemo I had some food restrictions that were informed by my nutritionist. During Week 1-3, which are the most crucial weeks since my immune system would be at its lowest. Here are some of the rules:

  • Avoid soft cheese, yoghurt and raw food like sushi
  • Vegetables have to be peeled (for example cucumber) or boiled/cooked first
  • Fruits have to be peeled (for example for strawberries I was allowed to eat but I would have to peel the skin…errr yeah moving on to other fruits…)
  • Food must be freshly cooked (food that have been cooked for more than 4 hours should be avoided)
  • It’s better that you cook your own food as you will have better control of its hygiene (if you must eat out, please choose a clean restaurant)
  • It’s best to eat food that are in small packages so you could finish them all at once (for example if you want tomato ketchup, buy the small packages one)

Those are the most important ones and the ones I remember best. Other than that you can eat just about anything else.

Eating ice cream was allowed for me, though it was advised to eat the individually packaged ones like this

***

I think those are all the basic chemo information that I have for now. I hope it will help you understand chemo a little bit more and if you have any friends suffering from cancer, you’ll be able to at least approach them with a bit of knowledge. Chemotherapy though is not the only way to beat cancer. There are also radiation (which I did for a while, will tell you about that later), operation (I didn’t do an operation) and also stem cell transplant. For now I hope this is helpful and sorry if I made some mistakes on the medical terms!

13 thoughts on “Cancer Talk #15: Mengenal Kemoterapi (Understanding Chemotherapy)

    • Iya bener, tp aku ga babat habis rambutku cm dirapiin aja tp ttp brodol hahaha. Ada temen mama yg sama2 lymphoma, dia hanya brodol sedikit sekali jadi beda2 ternyata efeknya tiap orang πŸ™‚

      Like

  1. Hehe, jadi lebih tahu tentang kemo sekarang. Memang sih kalau di media kebanyakan yang digambarkan adalah efek samping rambut rontoknya itu ya.

    Semangat terus ya! Mudah-mudahan segera beres!! πŸ˜€

    Like

  2. Wah informasinya berguna sekali ini Aggy. Ngasih gambaran bagaimana sebenarnya kemoterapi. Aku selama ini berpikir kalau kemo pasti disinar gitu. Semoga lancar ya Aggy proses pengobatannya menuju kesembuhan.

    Like

Leave a Reply

