Nasi Goreng Jowo Paling Enak se-Jogja

Sebenernya ga bisa juga sih diklaim “se-Jogja” karena untuk mendapatkan penghargaan itu harus nyobain SEMUA nasi goreng di Jogja. ANYWAY…

Saya ini paling ribet masalah nasi goreng. Paling suka nasi goreng Jowo, yang dimasak dengan areng pakai kecap manis, telur dan ayam kampung. Tapi saya paling ga suka kalau ada jerohan-jerohan plus gajih-gajihnya ayam, apalagi kalau minyaknya kebanyakan duhhh. Saya juga ga suka kalau nasinya kelemesen karena jadi benyek, apalagi kalau nasinya kekerasan…ribet banget yak jadi orang.

Beberapa kali saya coba nasi goreng Jowo di Jogja belum ada yang pas, walaupun semua meng-klaim “paling enak” dan “masak pakai areng”. Ternyata bikin nasi goreng yang simpel begitu aja ribet banget ya, saya pun ga bisa bikin nasi goreng yang pas hahaha.

Nah beberapa saat yang lalu papa diajak pergi makan sama temannya ke sebuah warung bakmi Jowo yang juga menjual teman-temannya seperti nasi goreng dan magelangan (nasgor plus bihun dan bakmi). Kata papa “nasi gorengnya enak plus tempatnya ndeso, tapi jauh dari rumah jadi kapan-kapan aja ya”.

Lalu pernyataan itu malah bikin saya tambah penasaran.

Setelah merengek-rengek minta dianterin (huahahahhaa), akhirnya kesampaian ke sana. Tempatnya jauh banget dari rumah saya dan ternyata deket rumah mantan saya. Saya pertama kali datang pas malem minggu jadi ruameeeee banget dan ga dapat tempat duduk, akhirnya kecewa dan pulang HUHUHUHU. Tapi saya sudah liat tempatnya dari luarΒ “KOK LUCU BANGET SIH?!”.

Karena masih penasaran, besoknya didatengin lagi donk (iya niat bangetttt), dan kali ini di siang hari daaaannn masih kosong. HORE!

Saya langsung jatuh hati sama tempatnya karena banyak pernak pernik Jawa kayak kandang burung, topeng dan tentunya meja dan kursi dari kayu. Warung ini ternyata terbuat dari kayu bekas kandang sapi dan juga bambu. Duh keren banget lah.

Ini dia penampakan Magelangan yang enak banget

Pas sampe sana, saya langsung order Magelangan, yang adalah favorit keluarga saya dan memang sangat enak. Nasi gorengnya ga lemes atau pun keras, teksturnya pas banget dan manis, asinnya pun pas di lidah saya. Saya cuma ada komplain sedikit yaitu ayamnya dimasukkan bareng ama kulitnya (walau kulitnya cuma dikit siiih), tapiΒ karena secara keseluruhan magelangannya enak jadi saya maafkan haha.

Nama warungnya adalah Bakmi Mbah Gito. Pas saya pamer di Path dan Instagram ternyata udah banyak yang tau dan saya jadi berasa ketinggalan jaman banget huhuhu.

Depannya loveable sekali ya

Saya ketagihan banget sama masakannya plus tempatnya, jadi bakalan balik lagi nih kayaknya untuk icipin bakmi goreng dan godhognya.

excited
Finding the perfect fried rice be like… (GIF via here)

Nah bagi yang mau main ke Jogja bisa banget nih makan di sini. Kalau bawa rombongan mungkin bisa telepon dulu, siapa tau bisa booking tempat (saya belum pernah nyoba sih). Siapa yang sudah pernah ke sini?


Bakmi Mbah Gito

Alamat: Jl. Nyi Ageng Nis No. 9, Daerah Istimewa Yogyakarta

Telepon:Β 0852-2840-8800

20 thoughts on “Nasi Goreng Jowo Paling Enak se-Jogja

    • Oh ya mbak? Katanya warung ini sudah agak lama, dan memang waktu saya ke sana weekend rameeee banget. Aku sih baru kali ini ke Mbah Gito dan cocok sama masakannya πŸ˜€

      Like

  1. Bisa reservasi kok. Sekalian pengumuman deh, kalo ada yang ke Mbah Gito, kabar kabar donk. Siapa tau bisa saya samperin, soalnya deket banget sama rumah. Hehehehe

    Like

  2. Aku pernah nih ke Mbah Mo. Tapi kalau rasa aku lebih senang ke Bakmi Mbah Mo. Tapi itu di Bantul sih bukan Jogja. Kalau Mbah Mo rumahnya dekat sawah, enak makan malam sambil silir2 angin gitu haha. Kalau di Jatim, nasi goreng magelangan itu namanya nasi mawut.

    Like

    • Walah mbak Bantul jauh banget hahahaha. Ini aja udah diblg jauh sampe ada yg ngmg “hoalah mo makan nasi goreng aja adoh men” πŸ˜‚πŸ˜‚ tp blh deh ke Mbah Mo klo lg pgn jalan2 hehehe. Oo bru tau Nasi Mawut itu Magelangan 😁

      Like

Leave a Reply

