Belajar Menyeduh Kopi di Ruang Seduh

Di Jogja ini emang lagi hits banget coffee house, kayaknya ada dimana-mana, tapi saya emang jarang banget keluar karena kondisi dan emang males hahaha. Tapi beberapa saat lalu saya lagi browsing sana sini di Instagram saya dan nemu sebuah coffee house namanya Ruang Seduh. 

Processed with VSCOcam with f2 preset
Si tante lagi diajarin nyeduh kopi 😀

Saya baca-baca ternyata ada satu di Kemang, Jakarta dan satunya lagi di Jogja. Selain itu yang membuat saya tertarik adalah di tempat ini kami bisa belajar cara nyeduh kopi. Wah kok menarik! Akhirnya saya woro-woro ke teman-teman mama yang suka kopi juga dan mereka pun langsung ngajak saya ke Ruang Seduh.

Ruang Seduh ini gampang dicari dan tempatnya nyaman walau kecil. Mas dan mbak yang lagi jaga di situ juga baik-baik, si mas-nya dengan sabar ngejelasin ke kami semua (maklum pergi ama tante-tante jadi banyak nanya…huahahaha kaburrr).

Processed with VSCOcam with f2 preset
Mas-nya yang sabar dan baik hati

Karena tangan saya masih belum terlalu kuat jadi saya skip dulu nyeduh kopinya, tapi saya bujuk-bujuk salah satu tante untuk belajar nyeduh kopi dengan iming-iming difotoin (huahaha). Eh ternyata menarik juga proses menyeduh kopi ini.

Pertama-tama biji kopinya digiling (grind) dan udah ada takarannya, musti pake timbangan biar pas. Setelah jadi bubuk lalu diseduh, itu pun juga ada tekniknya. Asli deh itu aroma kopinya pas digiling dan diseduh…maaaaakkkk enak bangetttt! Saya jadi langsung pingin nyruput. Setelah kopinya udah jadi, giliran harus manasin susunya. Mas-nya juga ngajarin bikin latte art, walau agak gagal dikit tapi lumayan lah untuk pemula.

Processed with VSCOcam with f2 preset
Tempatnya nyaman dan minimalis

Si tante bangga banget nih bisa bikin kopi enak sampe nyruputnya pelan-pelan, katanya eman-eman. Hihihi.

Kalau gak mau belajar nyeduh gak apa-apa karena mas-nya yang udah expert bisa bikinin. Ada banyak macam kopi yang bisa dipesan, kalau gak terlalu paham kopi juga bisa nanya mas/mbak-nya. Saya pesan flat white yang ga ada di menu, saya tanya dulu mas-nya bisa bikin gak, eh ternyata bisa hihi.

Nah boleh banget nih buat pecinta kopi untuk main ke sini. Cuma satu hal aja sih, mbok ya dikasih cemilan ya, cookies kek, brownies kek, muffin kek…maksudnya biar bisa lama-lama di sini haha. Mungkin biasanya ada yak tapi kebetulan pas saya ke sana gak ada. Selain kopi ada juga almond milk dalam berbagai rasa dan teh.

Processed with VSCOcam with f2 preset
Macam-macam biji kopi yang bisa dibeli

Kalian udah pernah belum mampir ke tempat ini?


Ruang Seduh

Alamat Jogja: Jl. Tirtodipuran No.46, Mantrijeron, Yogyakarta 55143

Alamat Jakarta: Jl. Kemang Raya No.8B, Bangka, Mampang Prpt., Jakarta 12730

Advertisements

13 thoughts on “Belajar Menyeduh Kopi di Ruang Seduh

  1. Seumur hidup, baru sekitar 2 kali minum kopi. Pertama ga suka rasanya, kedua pengalaman minum kopi selalu berakhir diare :)). Tapi anehnya suka dengan aroma kopi, apalagi scrub atau body lotion. Penasaran juga sebenarnya pengen belajar nyeduh kopi gitu (maksudnya yg agak serius), biar dapat ilmunya. Suami juga ga minum kopi. Pas nonton film filosofi kopi, mikir keren juga ya orang2 yg menikmati kopi sedemikian hingga.

    Like

    • Hehe emang ada bbrp org yang sensitif dengan kopi ya karena asamnya cukup tinggi. Kalau aku ga bisa minum yang terlalu kentel (walo suka dan kadang tetep ngenyel minum hhehe) soalnya pasti deg2an. Suka banget juga ama aromanya, duh rasanya klo dah nyium lgsg pingin nyruput. Di Malaysia white coffeenya pun mantap banget hehe. Iya seru banget bisa belajar 😉

      Like

  2. Kalau tehnya diajarin nyeduh juga nggak Aggy? Aku penggemar teh dan bukan penggemar kopi. Tapi kayaknya kalo nyium wangi kopi pas digiling suka juga kali yaa. Jadi pengen nyobain yang di Kemang kapan-kapan.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s