Overthinking

Beberapa saat lalu sahabat saya ngetag saya ke sebuah video dari halaman Facebook NOWNESS. Saya cari videonya di Youtube biar kalian juga bisa nonton:

Jadi sih intinya ada cowok yang lihat cewek di taman. Mereka duduk sebelahan, lirik-lirikkan, dalam hati ngejudge satu sama lain. Sebenernya sih mereka itu saling suka tapi gak ada yang berani ngajak ngomong duluan. Lucu banget deh.

Alasan kenapa mereka gak saling ajak ngomong ya karena udah overthinking. Jangan-jangan si cowok A, jangan-jangan si cewek ini B…belum tau apa-apa udah mikirin banyak hal padahal belum tentu juga.

Pernah gak sih kalian begitu?

Saya termasuk orang yang suka overthinking. Pokoknya sering banget lebay. Apalagi kalau travelling: Duh kenapa orang itu lihat saya? Ada makanan ya di gigi saya? Nanti kalau tas saya ditaruh di bagasi terus diambil orang gimana? Mulut saya bau ga sih? Mending fotokopi passport dua kali. Eh tapi kalau yang satu ketinggalan di hotel dan satunya lagi dicuri orang gimana? Ok mending fotokopi 10 kali aja, just in case.

overthinking

Segitunya banget yah.

Mama saya selalu bilang “kamu itu jangan kebanyakan mikir tho”. Lah tapi susah banget untuk “gak mikir”, seakan otak saya tuh gak mau berhenti padahal udah disuruh diem.

Beberapa komik yang paling saya suka itu punyanya Gemma Correll. Ilustrasi dia itu selalu pas banget tentang overthinking. Coba aja deh liat kartun-kartunnya dia pasti yang overthinker kayak saya bakalan setuju banget ama dia.

Saya tahu banget bahwa overthinking ini kalau kelamaan bisa jadi kebiasaan buruk. Saya merasa ga baik juga nih mikirin banyak hal yang belum tentu juga kejadian. Akhirnya saya coba beberapa trik kalau lagi mulai banyak pikiran:

Baca Buku

Baca buku itu membantu saya banget saat lagi mikirin hal-hal yang gak penting. Daripada pusing, saya memilih untuk membaca buku. Biasanya kalau overthinkingnya hal-hal buruk, misalnya kalau mau kemo, saya pilih buku yang enteng utuk dibaca. Entah itu bukunya Jacqueline Wilson atau buku lucu atau chicklit. Nah buku-buku macam gini biasanya bikin saya teralihkan.

Baking

Saya suka banget nih baking. Entah bikin brownies atau cupcake asal bukan kue tart aja sih soalnya itu susah banget, saya menyerah haha. Saya suka ngumpulin resep-resep yang kira-kira saya bisa bikin, kayak resep-resepnya Mba Yoyen. Kalau udah asik bikin kue ini dan itu lupa deh tadi saya mikir apa ya?

Main Piano

Saya agak bisa main piano, gak yang keren gimana sih tapi lumayan bisa untuk menenangkan diri. Ada beberapa lagu yang suka saya mainkan yang selalu berhasil menenangkan pikiran saya. Apalagi kalau lagi menghayati banget lalu sok-sokan jadi pianis beken hahaha. Yakale ya.

Curhat ke Teman/Mama

Kadang kalau pikiran udah penuh banget dan gak ada solusi, saya suka share ke mama saya. Tentunya mama yang banyak pengalaman biasanya punya nasehat jitu ke anaknya yang bandel ini. Nah kalau masih kurang, saya juga suka curhat sama sahabat-sahabat saya yang sering menenangkan. Daripada dipendam, mending saya curhatin aja hehe.

Blogging

Naaaahh kalau yang ini memang trik kesukaan saya. Daripada mikirin aneh-aneh mending saya update blog aja biar blognya gak nganggur. Tapi kadang sambil browsing sana sini, lah malah overthinkingnya nambah. Untung cuma kadang-kadang doank, karena kalau sudah mulai nulis biasanya gak inget masalah yang saya pikirkan tadi.

Instagram

Saya tuh cinta banget ama InstagramFollowers saya sih masih dikit dan emang akun saya gak wow banget tapi saya suka banget main-main ama foto saya. Selain itu saya suka bagian explorenya Instagram soalnya jadi lihat banyak foto bagus dan kadang nemu yang lucu-lucu bikin ngakak. Kalau ketemu yang tentang bunga-bunga biasanya saya kirim ke Kak Febby, klo nemu yang kucing-kucing kirim ke Mbak Noni, klo ada kue-kue cantik kirim ke Sharon…jadi pikiran saya agak teralihkan dan malah terhibur sambil ngusilin temen. Oh ya dari Instagram saya juga kadang gak sengaja kenalan sama orang yang interestnya sama. Lumayan juga kan main di Instagram, manfaatnya banyak haha (pembelaan).

***

Kalau kamu termasuk overthinker bukan? Punya trik gak biar gak terlalu banyak mikir?

Advertisements

19 thoughts on “Overthinking

  1. idem hehe, sampai pernah waktu dulu sempat mudik ke Palembang dan ketemu sinshe keluarga, dia kayanya memang bisa “baca” kalau aku ini orangnya kebanyakan mikir haha, trus dia nyaranin daripada pusing mending ditulis aja πŸ˜€

    Like

  2. Sejak kecil aku overthinking banget nget nget. Overthinking menjurus perfectionis. Aku pernah dalam pengawasan psikiater waktu SMA karena overthinkingnya sudah menjurus ke depresi, ya karena perfectionis itu. Akarnya satu : aku terlalu merencakan segala sesuatu dan kalau meleset dikit, stress. Tapi sejak Bapak meninggal dimana itu sudah masuk usia 31, langsung hidupku berubah 180 derajat. Aku ga terlalu mikir yg macam2 lagi, lebih ke santai dan pasrah. Mikirnya jadi : dinikmati aja hidup, kan ga ada yg pasti di dunia ini. Trus pas nikah ketemu suami yg santai kayak di pantai, jadi makin bikin aku rilex. Tapi tetep sih kalo ada yg ga sesuai harapan, mikirnya sampai sakit kepala. Bedanya ga sampai stress dan cuma beberapa jam aja, ga sampai berhari2. Mencoba ikhlas terhadap segala sesuatunya dan aku lebih banyak bawa doa dan ibadah.

    Like

    • Iya mbak aku juga mirip, kadang kalau kepikiran, misalnya waktu skripsi dulu, kalau ada error di program udah pasti laptop kupentelengi sampe jam berapa pun. Klo gak ketemu dan hrs bobok bisa sampe kebawa mimpi segala. Sekarang udah mulai bisa rileks, ortu ama adik saya juga sering ngingetin, kata mereka masalah hari ini ckp untuk hari ini saja πŸ™‚

      Like

  3. Aku sempet stress banget dan beberapa kali kena anxiety attack.

    Terus aku yoga. Terus meditasi, nyobain beberapa tapi paling cocok mindfulness meditation. Meditasi ini sih yang paling membantu. Kayaknya semenjak meditasi ini duniaku jadi lebih cerah.

    Like

    • Ah yoga dan meditasi yah! Pernah dulu yoga, kadang gw susah banget ngosongin pikiran haha, tapi emang klo udah rileks beneran membantu. Nanti klo badan udah siap boleh deh yoga πŸ˜€

      Like

  4. That s a good start kl sadar, byk yg ga sadar dan ngeliat muka orang itu keknya mumet terus kali ya karena kebanyakkan mikir, kadang yg dipikirin sebenernya ga perlu dipikirin pula πŸ™‚

    IG emang aplikasi pengalihan issue bgt ya, contoh bgt kemaren semua sos med ribet ama demo, IG aman sejahtera, lumayan bikin refreshing dan kadang nambah inspirasi.

    Like

    • Yoi kadang mikirnya sampe bercabang2 dan kalao direview ulang ngapain ya gw mikirin sampe segitunya.
      Yoi di IG itu smcm neutral zone yah, jadi banyak nemuin ide juga di IG

      Like

  5. Aku juga sering banget overthinking Gy.. biasanya sih di kamar tiduran sambil dengerin musik, awalnya pasti bengong sambil mikir, tapi lama2 kebawa musik nya terus jadi merasa zen πŸ™‚

    Like

    • Kadang klo overthinking tuh gak kerasa ya saking udah seringnya. Baru klo kepala dah nyut2an inget dan “ok I need to chill out!”. Bener banget musik bikin gw rileks juga, makannya ipod sll kudu update lagu2nya biar ga bosen hehehe

      Like

  6. Nice post, mba. Kebanyakan resep diatas bisa ngurangin. Untuk hal-hal tertentu aku overthinking. Resep biar nggak terlalu banyak mikir…hmm apa, ya, belajar pasrah aja sih mba hahaha.. yg selesai ya selesai, jgn berandai-andai atau nengok ke belakang lagi….

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s