Nuansa Jawa di Tembi Rumah Budaya

Saya lupa pertama kali datang ke tempat ini, tapi saya sudah beberapa kali ke Tembi Rumah Budaya. Bahkan suatu kali saya pernah diajak menginap di sini. Jarak Tembi dari rumah saya di Jogja sebenarnya agak jauh, sekitar 30 menit naik mobil kalau tidak macet, tapi kalau lagi pingin ke sini selalu saya niatin.Β 

Saya kalau ke sini biasanya cuma makan saja. Menu favorit yang selalu saya pesan ketika main ke tempat ini adalah: teh poci, mendoan dan pisang goreng. Pokoknya selalu ada tiga itu. Kalau laper banget saya baru pesan makanan lain, tapi maaf, menurut saya masakan “beratnya” biasa aja.

29998162801_e03b53b3f8_z
Selalu pesan teh poci

Saya tuh suka banget dengan suasana Tembi yang agak di kampung. Arsitekturnya semua khas Jawa, dari meja kayu di restoran kecilnya sampai ke gamelan yang ada di pendoponya. Cantik banget deh. Selalu betah kalau di sini.

Ada gula aren di atas pisang gorengnya yummyyyy

Saya baru sekali menginap di Tembi dan di tempat ini ga kayak hotel yang banyak kamar. Hanya ada beberapa “rumah” dan tiap rumahnya itu khas Jawa. Di dalemnya juga masih kayu-kayu semua. Kamar mandinya lantainya dari batu tapi ada showernya sih hehe.

29998166701_afbb881911_z
Salah satu rumah yang bisa kita sewa

Nah kalau nginep di sini dalam grup itu seru banget deh karena kita bisa memilih beberapa aktivitas yang mereka sediakan. Waktu itu saya nanya-nanya ama manajernya yang jaga dan ada naik sepeda di kampung,Β cooking class, main sepakbola di sawah dan masih banyak lagi. Karena saya waktu itu dengan rombongan keluarga besar kampus tempat papa saya mengajar jadi ada banyak pilihan aktivitas. Mama saya belajar gamelan, saya belajar nari Jawa dan anak-anak kecil pada melukis. Seru yah.

30081385555_591bec1eca_z
Beberapa lantainya pakai tegel cantik

Di belakang kompleks ini ada sawah luasssss banget, dan salah satu petak sawahnya bisa dibuat main “sepakbola” tapi ya harus siap kotor haha. Oh ya ada kolam renangnya juga yang kayaknya enak deh buat renang.

Di Rumah Budaya ini juga ada semacam museum kecilnya yang penuh dengan barang-barang khas Jawa. Duh lucu lah pokoknya. Kayaknya di tempat ini sering banget ada acara, sering dipasang di papan pengumuman gitu.

29967372392_0076129347_z
Sebelah kanan dan kiri lorong ini adalah “museum” kecil milik Rumah Budaya ini

Oh ya di sini ada mobil jadul dan ternyata kalau ada tamu yang minta dijemput pakai mobil itu bisa tapi ya harus bayar ekstra. Biayanya juga agak mahal karena ya wajar lah untuk perawatan mobilnya aja mahal.

Kalau mau ke sini dan gak nginep bisa kok. Kayak saya cuma suka minum teh dan ngemil sambil jalan-jalan ke dalamnya. Paling enak sore, biar gak terlalu panas.

Processed with VSCO with f2 preset
Mendoan sore-sore di Tembi, duh nikmat banget!

Kayaknya tempat ini cocok deh buat yang suka nuansa Jawa. Bisa banget dijadiin opsi menginap di Jogja.

Udah pernah belum ke Tembi Rumah Budaya?

Tembi Rumah Budaya

Jl. Parangtritis Km 8.4, Desa Tembi, Kel. Timbulharjo, Kec. Sewon, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55186

27 thoughts on “Nuansa Jawa di Tembi Rumah Budaya

    • Rata2 pemandangannya sawah dan suasana kampung sih mbak. Mereka banyak aktivitas juga seperti sepedaan, nah untuk rutenya saya belum pernah coba tapi katanya sih masuk2 ke kampung2 daerah situ πŸ™‚ Tempatnya dekat dengan Jalan Parangtritis.

      Like

  1. Nampaknya malam ini aku akan mimpi makan mendoan sambil gigitin cabe atau biasanya aku cocol sambel petis *bayangin gini aja laper banget haha. Kangen makanan2 Jogja nih Aggy. Jogja is one of my favorite cities.

    Like

    • Hai mbak, harganya tergantung rumah yg mana (karena ada yang bisa muat lbh banyak). Kalau gak salah sktr 350rb ke atas (seinget saya lho ya). Bisa minta kasur tambahan juga πŸ™‚ semoga bisa sempat mampir!

      Like

Leave a Reply

