Cemilan Inggris Favorit

Sewaktu kecil saya dan adik saya paling gemar ngemil dan hobi kami adalah mencoba snack baru. Inget banget dulu waktu kami di Salatiga paling suka makan jeli yang ditaruh di freezer lalu dimakan saat sedang panas di luar. Selain itu kami juga suka banget makan choki-choki, sebenernya sampe sekarang masih suka sih tapi udah jarang beli.

Nah ketika tinggal di Leeds, tiap hari Minggu, kami selalu pergi ke Morrisons, salah satu supermarket populer, untuk stok makanan. Nah supaya kami gak rewel, mama papa selalu mengijinkan kami untuk membeli cemilan. Tentunya setiap anak dibatasi dan cemilan ini untuk dibawa sebagai bekal sekolah.

Kami suka banget nyobain cemilan-cemilan khas Inggris, karena kapan lagi bisa ngicipin? Selain di supermarket, kami juga suka iseng nyoba makanan di kedai-kedai roti. Sebenernya adik saya lebih suka nyoba dari saya yang super picky haha.

Tentunya Inggris juga terkenal dengan berbagai macam coklatnya yang yummy. Nah kadang saya suka kangen cemilan-cemilan itu. Berikut ini beberapa kesukaan saya, dan mungkin bagi yang akan ke Inggris bisa nyicip juga (kalau masih ada ya…).

Jaffa Cakes

Namanya sih “cake” tapi lebih mirip biskuit tapi dengan tekstur kue. Jadi bawahnya semacam sponge cake dengan jelly rasa jeruk lalu dilapisi dengan cokelat. Pokoknya ini favorit saya bangeeetttttt deh. Saya hanya suka yang keluarannya McVitie’s. Saya belum nemu biskuit ini di Indonesia – yang pernah ketemu kabari saya yah haha.

jaffa_cakes
Picture from here

Starburst

Ini sih favorit adik saya tapi saya juga suka sih nyomot dikit. Sebenernya ini permen biasa, bungkusnya panjang kayak permen Halls gitu, isinya kotak-kotak kecil juga. Permennya tipe yang lembut chewy gitu, mirip Mentos tapi rasanya buah-buahan. Kayaknya sekarang rasanya tambah banyak, jadi pingin nyobain.

Crisps

Crisps atau potato chips ini kesukaan semua orang Inggris deh kayaknya. Zaman saya dulu yang paling hits merk Walkers dan rasanya pun khas banget dari Salt and Vinegar, Prawn Cocktail sampai Cheese and Onion. Awal-awal ngerasain agak aneh, tapi lama-lama saya kok suka terutama yang Prawn Cocktail, asem-asem gimana gitu. Oh ya saya juga suka Quavers (bentuknya curly, rasa keju) dan Monster Munch (kalau ini terbuat dari jagung) yang rasa Pickled Onion – rasanya aneh banget tapi suka haha.

99 Flake Ice Cream

Intinya sih ini cuma es krim soft serve rasa vanilla yang diletakkan di cone lalu dikasih “hiasan” cokelat Cadbury Flake. Biasanya saya suka beli es krim ini saat musim panas di taman atau di pantai. Pokoknya musim panas belum afdol kalau belum makan ini haha.

99_ice_cream
Picture from here

Rock

Maksud saya bukan batu lho, rock ini permen yang bentuknya lonjong, biasanya bisa ditemukan di toko-toko permen di pantai. Biasanya namanya ditambahi nama tempatnya. Misalnya kalau beli permen ini di Brighton ya namanya jadi Brighton Rock. Permen ini saya selalu beli kalau lagi berlibur ke pantai dan selalu gak abis makannya hahaha. Rata-rata yang tersedia adalah rasa mint.

rock
Picture from here

Chicken Bake dan Sausage Roll dari Greggs

Greggs ini bakery yang menyediakan berbagai macam makanan panas yang praktis. Saya dulu seneng banget kalau ngelewatin Greggs karena harumnya langsung bikin pingin mampir. Favorit saya adalah Chicken Bakenya yang aduh enak banget lah, dalamnya tuh ayam yang dimasak seperti chicken pot pie dibungkus dengan pastry hangat. Selain itu saya juga suka Sausage Rollnya. Duh bayanginnya aja ngiler saya. Kalau ke Inggris bisa dicoba nih karena Greggs ini ada dimana-mana dan harganya cukup terjangkau, lumayan kan bisa untuk makan siang.

Thorntons Chocolate

Dulu kalau dapat cokelat ini pasti karena ada acara spesial seperti Natal. Pokoknya cokelat dari Thorntons ini enak-enak dan banyak banget variannya. Pernah saya mengisi acara internasional di kampus papa saya untuk menari Bali bersama teman dan kami diberi satu box cokelat Thorntons, langsung jingkrak-jingkrak norak hahaha.

Berbagai Macam Cokelat Cadbury

Karena makan Thorntons tiap hari bisa bikin bokek, maka untuk tiap harinya makan cokelat Cadbury 😛 Banyak banget rasanya di Inggris! Saya paling suka Crunchie, Wispa, Twirl dan Milk Buttons – untungnya sih beberapa cokelat ini bisa ditemuin di Singapore/Malaysia ya jadi senang deh.

***

Anywayyy sekian aja nostalgia cemilannya! Saya sih masih lebih suka “snack Jowo” seperti klepon, puthu, onde-onde…tapi ya boleh juga sesekali rindu cemilan negara orang lain 😀

Pernah ke UK? Snack apa yang pernah kalian cicipi?

27 thoughts on “Cemilan Inggris Favorit

  1. Aku suka hobnobs dan cookies Inggris lainnya buat minum teh Gy. Terus si Indonesia in my pocket bawain aku Jamie Dodgers. Jadi suka juga deh. Cookiesnya simpel. Crisps juga suka tapi takut ngga bisa berhenti makannya 😉

    Liked by 1 person

  2. Kemarin ke London nggak nemu deh cemilan2 diatas.. Kebanyakan coklatnya emang Cadbury, M&M’s, Lindt, Smarties sama Toblerone.. mau bawa buat oleh2 tapi nanti dikira beli di supermarket di Jakarta soalnya emang udah banyak yang jual kan, hehehe

    Liked by 1 person

  3. Woow aku amazed lho Gy, ini berarti cemilan Inggris dari jaman dulu gak berubah yaa sampe pas aku kesana pun.. Greggs masih favorit, Thorntorns pun masih jadi coklat spesial.. kalo panas makan eskrim pake flakes… jadi kapan kita balik ke UK nih Gy hehehehe

    Liked by 1 person

    • Waaaah aku ga pernah beli cookies dr Sainsburry’s (soalnya jauh dari rumah, lebih sering ke Morisson’s) dan M&S juga agak jauh (dan udah takut mahal huahahaha). Sampe sekarang kangen ama Gregg’s hiks 😥

      Like

Leave a Reply

