Kopi Enak di Melcosh Cafe, Kaliurang

Rasanya udah lama banget gak nulis di blog. April ini saya agak stress karena bulan depan saya harus scan. Saya mencoba untuk gak terlalu memikirkan scan-nya tapi saya yang suka overthinking ini yaaa gimana ya…susah susah gampang melakukan itu 😛

Untuk gak terlalu mikirin, papa saya lagi suka banget ngajak saya ngopi ke Kaliurang. Jadi teman mama yang tinggalnya di daerah Jalan Kaliurang, pernah bilang ke saya ada cafe yang kopinya enak di Kaliurang. Tapi saya belum pernah nyobain karena Kaliurang cukup jauh dari rumah saya.

Suatu hari papa ngajakin naik ke Kaliurang pas weekend karena ingin menghirup udara segar. Nah ga sengaja banget pas turun saya lihat cafe Melcosh ini. Saya langsung bilang ke papa. Walau udah kelewat, kami akhirnya bela-belain muter untuk nyobain.

Melcosh ini letaknya di atas, jadi sebelum pintu masuk ke Kaliurang (jadi gak perlu bayar biaya masuk Kaliurang untuk ke cafe ini). Tempatnya sih gak sekeren cafe-cafe lain yang ada di kota ya. Sangat sederhana, terbuka (jadi gak pake AC ya) dan tempatny berbentuk tenda-tenda putih. Lucu deh. Karena ini di Kaliurang, jadi udaranya seger dan kalau agak sore/malam jadi adem.

33197340376_c542dc980c_z

Tempat ini sebenarnya lumayan gede ya, kayaknya sih ada perpustakaan kecil di samping cafe ini. Saya lihat-lihat ternyata ini punyanya Keuskupan Semarang, tapi saya gak tau termasuk cafenya atau gak. Nah di bagian belakang cafe ini juga luas banget, ternyata sering dipakai untuk acara retreat.

32856166610_b252c42412_z

Walaupun tempatnya gak terlalu kece tapi ya kopinya lumayan banget ragamnya lho. Rata-rata kopi yang mereka miliki kopi lokal seperti Merapi Robusta, Toraja Sapan, Flores Bajawa dan masih banyak lagi. Ketika datang, saya langsung disambut dengan aroma kopi. Ternyata ada staffnya yang sedang roasting dan grinding biji-biji kopi. Harum banget!

Saat duduk, staffnya sangat friendly dan dia mulai menjelaskan macam-macam kopi yang ada. Beberapa kali ke tempat ini dan dilayani oleh staff yang beda, mereka semua punya pengetahuan yang cukup tentang kopi-kopi mereka miliki serta cara brewingnya. 

33495218884_5a0a2f2979_z

Pokoknya saya seneng banget karena saya suka banget kopi tapi kadang kan gatau tuh tentang cita rasa tiap-tiap jenisnya. Kadang ada cafe yang kalau staffnya ditanyain, gak ngerti dan kelihatan kesal kalau diminta untuk dijelaskan tapi di Melcosh mereka baik banget dan ngejelasin satu-satu.

33952917820_8575c08781_z
Flat White

Setelah pilih kopinya (saya pertama kali pilih Flat White, lalu kedua kali nyobain Merapi Robusta, ini favorit saya!), mereka nanyain mau dibrew dengan cara apa (French Press, Drip, dll). Wah pokoknya seru deh.

Kopinya memang enak banget. Sudah 3-4 kali saya ke sini, mama saya nyobain hot chocolatenya juga enak, papa saya pernah ngicipin wedang uwuhnya juga katanya seger banget. Minumannya enak-enak.

33952914550_78d2160345_z
Wedang Uwuh

Untuk snack pendampingnya, saya pernah cobain pisang bakarnya gak terlalu enak, pisangnya kurang mateng. Tapi jadah bakar dan nasi gorengnya enak. Snack lainnya sih standar aja ya yang penting kopinya enak.

Walaupun si Melcosh ini letaknya di Kaliurang, yang kurang lebih 45 menit dari rumah saya. Rela lah saya ke sini, abis kopinya enak dan harganya gak terlalu mahal (sekitar 20-35rb…murah kan dibanding cafe-cafe di kota). Biji-biji kopinya juga lokal dan bisa dibawa pulang kalau mau.

Nah kalau ke Jogja dan mau berkunjung ke Merapi atau destinasi-destinasi lain di sekitar Kaliurang, jangan lupa mampir ke sini ya. Kapan lagi kan bisa minum kopi lokal ditemani jadah bakar yang khas banget daerah Kaliurang.

32856163900_bfda48c893_z

Melcosh Cafe

Jl. Kaliurang KM. 23, Dusun Banteng, Kel. Hargobinangun, Kec. Pakem, Hargobinangun, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

Buka setiap hari, 11AM-10PM

Advertisements

8 thoughts on “Kopi Enak di Melcosh Cafe, Kaliurang

    • Modern sih gak Zil dan kalau Kaliurang atas gw sih jarang lihat cafe yg bagus. Melcosh ini aja yg plg “bagus” menurut gw hehehe. Yg jelas harganya ga semahal di kota.

      Like

  1. Aggy, snacknya lumayan berat juga ya : nasi goreng haha. Kalo porsinya seiprit memang jatuhnya snack sih ya, ganjel usus 😅tapi kalo nasi goreng merah di Surabaya, porsinya bisa dua kali makan saking banyaknya. Lah ini kok aku ngomongin nasi goreng 😅 aku suka Kaliurang, adem hawanya dan asri.

    Like

    • Wakakaka emang nasgor bukan snack mbak 😆😆😆 Kalau ke sini pas malem sekalian makan malem hehe. Iya di Kaliurang lumayan adem walau gak sedingin dulu tapi ya lumayan lah daripada di tengah kota.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s