Cara Mudah Scan Foto Analog

Penemuan yang bikin seneng sendiri pada minggu ini adalah: Google PhotoScan.

Gak sengaja banget nemu aplikasi ini karena sedang download yang lain, terus saya iseng download juga.

Ternyata aplikasi ini memudahkan kita untuk scan foto-foto analog dengan mudah. Di rumah, saya punya banyak banget foto analog dan memang pingin banget saya simpan secara digital tapi bayangin harus satu-satu dimasukin ke scanner dan nungguin satu per satu discan aja saja udah lelah. 

Nah dengan aplikasi ini, cukup taruh foto analog di permukaan datar. Kalau saya diberi kertas warna putih gitu supaya gak terlalu banyak latar belakang yang menganggu. Setelah itu, aplikasinya dinyalakan dan ikuti petunjuknya. Pertama-tama, arahkan kamera ke foto analog dan harus masuk ke dalam frame yang sudah ditetapkan. Setelah itu akan muncul empat titik yang harus kita ikuti supaya bisa mendapatkan hasil scan yang lebih akurat. Nah ini video yang saya temukan, mungkin akan lebih mudah untuk memahami cara kerjanya:

Jika hasilnya kurang memuaskan, bisa diedit kok. Bedanya memakai aplikasi ini dengan foto biasa itu ya hasil fotonya gak ada glarenya dan terlihat lebih natural.

Menurut saya, hasilnya cukup bagus, dan bahkan seperti diberi filter ala sekarang 😀 Ini beberapa yang saya scan dengan Google PhotoScan:

 

 

 

Pokoknya saya puas banget dan kayaknya akan scan beberapa foto lagi. Foto-foto ini saya share ke keluarga saya dan teman-teman keluarga (yang ada di beberapa foto yang saya scan) dan pada senang semua karena jadi nostalgia jaman dulu hehe.

Ini bukan promosi berbayar ya, tapi karena saya suka aja. Ada yang pernah cobain aplikasi ini atau pernah cobain yang mirip seperti ini? Ada tips gak untuk pemula seperti saya.

Advertisements

10 thoughts on “Cara Mudah Scan Foto Analog

  1. Ih keren banget app-nya! Sayang baru tahu sekarang padahal sewaktu di Indo kemarin juga ada beberapa foto analog yg ingin aku scan. Akhirnya cuma foto pakai kamera hape biasa aja, hahaha 😆 . Jadi ini fotonya difoto pakai kamera hape dengan app-nya itu?

    Like

    • Iyap difoto pake kamera hape sekali lalu harus jepret 4x utk sudut2nya gitu Zil jadi hasilnya bisa lebih akurat. Lebih jelasnya di video itu sih. Aku cukup puasss 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s