Solo dan Ulang Tahun

Beberapa tahun belakangan ini, setiap kali keluarga kami ada yang berulang tahun, tidak pernah dirayakan dengan spesial lagi. Alasannya ya apalagi kalau bukan karena saya yang sedang sakit.

Mei tahun ini, saya sudah lebih enakan dari tahun-tahun sebelumnya. Pas sekali bulan Mei papa berulang tahun, dan pas sekali kami sedang di Jogja dan adik saya yang di Singapore bisa mengajukan cuti.

Akhirnya saya dan adik saya memutuskan untuk mengajak papa dan mama berliburan sejenak. Awalnya kami ingin ke Malang, namun karena cuti adik saya yang terbatas dan perjalanan ke Malang yang masih terlalu melelahkan untuk saya, kami akhirnya memutuskan untuk ke Solo saja yang dekat dan mencari tempat yang nyaman, sepi dan bersih.

Saya yang diberi tugas untuk mencari penginapan. Di Solo memang banyak sekali hotel-hotel yang bagus dari Sunan Hotel hingga Alila pun ada. Namun rasanya papa itu tipe yang tidak terlalu suka hotel mewah-mewah yang banyak kamar. Akhirnya saya menemukan Rumah Batu dan Warisan Resort. Setelah mengobrol dengan adik, akhirnya kami memutuskan untuk menginap di Warisan Resort.

Kami gak ada ekspektasi apa pun karena beberapa minggu sebelum berangkat saya terkena flu lalu mama dan papa tertular. Yah kami gak ngurusin tentang liburan ini dan malah tepar di rumah. Beberapa hari sebelum berangkat pun sisa-sisa flu masih ada.

Saat hari H, saya agak gak enak badan tapi kami tetap berangkat. Sampai di sana, kami langsung senang luar biasa.

Kami sampai sudah malam, jam 9. Kami pesan dua kamar dan ternyata kamar kami tetanggaan. Tempatnya bagus sekali, ada kolam renang kecil dan seperti masuk ke sebuah desa Jawa. Kamar-kamarnya berbentuk rumah-rumah Jawa. Wah pokoknya keren sekali.

Kamar saya

Papa langsung senang karena ini tipe penginapan yang disukai papa. Sedangkan mama masih agak ragu. Namun ketika masuk ke kamar, langsung deh tersenyum. Walaupun suasananya tradisional, kamarnya modern dan sangat bersih. Saya kalau menginap, yang saya lihat dahulu selalu kamar mandi. Kamar mandinya lolos inspeksi saya :D, sangat bersih dan luas.

Detail sekali, sampai geli karena sebenarnya takut dengan kadal haha
Eh tapi saat inspeksi kamar mandi kamar saya, di bawah wastafel saya melihat ada kotoran. Saya kira daun, ternyata kodok kecil. Waaaaa! Saya dan adik langsung panik, saya telepon resepsionis dan dia memanggil orang untuk mengambil kodoknya haha. Heboh sekali tapi untungnya diambil (untuk dibebaskan di luar yaa, gak diapa-apain kodoknya kok).

Kami menginap dua malam. Lokasi resort ini dekat dengan Solo Baru dan memang agak jauh dari tengah kota Solo. Kalau mau cari makan yaa harus naik kendaraan (kami bawa mobil sendiri). Saat kami tiba, kami ingin minum wedang ronde. Namun wedang ronde tempat ini cukup mengecewakan, tidak enak! (Di hari terakhir kami juga mencoba es dawetnya dan juga tidak terlalu enak).

Kami menghabiskan waktu banyak di tempat ini. Adik dan mama sudah booking spa. Ternyata spa-nya ada di Rumah Batu yang hanya beberapa meter dari Warisan. Nampaknya kedua tempat ini saling berhubungan namun Rumah Batu usianya sudah lebih lama.

Papa menghabiskan waktu berenang. Kalau saya sih foto-foto saja (karena saya masih belum boleh berenang dan agak takut spa karena tulang-tulang dan otot saya masih belum pulih jadi takut salah pijat). Ternyata saya ini masih sangat sensitif terhadap sinar matahari sehingga di hari kedua saya mengalami pusing yang amat sangat serta mual. Akhirnya saya harus istirahat saja di sore dan malam hari.

Tak apa lah, walaupun liburan ini tidak mulus sekali, namun kami merasa sangat bahagia. Sudah lamaaaaaa sekali kami tidak berkumpul untuk bersantai berempat, dan sudah lama juga tidak bepergian untuk alasan plesir dan bukan berobat.

Saya sangat menyarankan Warisan Resort ini bagi yang ingin bersantai di Solo dengan tenang. Pokoknya saya senang banget dengan mini liburan ini walaupun singkat dan sederhana πŸ˜€

30 thoughts on “Solo dan Ulang Tahun

1. Resortnya lucuu yo nik. Kaya tinggal di kampung yang ada tetangga2nya, pdhl hotel 😱 Kok sama sih! Aku jg kalo nginep mesti cek kamar mandi nya.

Kl yg di Adhisthana tuh, aku suka kamarnya tp kamar mandinya agak bikin males hehehe

Btw malem spooky ga? Huahahahhaa.

• Ekwkwkw kebiasaan banget soalnya paling ngeselin kalau kamar mandi jorok. Yuk nik ke Jogja lg lalu kt roadtrip ke Solo, aku rela nginep sini sendirian tetanggaan ama kamu & Fred 🀣

Kalau malam menurutku biasa aja siiiih huahahaha. Agak remang2 tapi gak serem kok.

2. Papa kamu sama dengan suami aku Gy, ga suka hotel yang mewah dan berderetan kamar2 gitu πŸ˜… Kolam renangnya looks nice ya, penting buat kami soalnya kolam renang tempat yang paling nyaman kalau abis panas2an plus an entertainment for my boys 😝 Ma kasih buat postingannya ya, semoga one day bisa ke Solo dan nginep di Warisan 😘

• Iya mbak papa suka banget yang tipe kayak begini. Plus tempatnya bersih dan kamarnya terang (ada satu lg penginapan jawa seperti ini di jogja tp ruangannya agak gelap). Lalu aku suka pernak perniknya juga 😍 semoga bisa segera kemari ☺️

Liked by 1 person

3. Sama deh Gy aku juga selalu inspeksi kamar mandi dulu kalo nginep tempat baru hehehe. Oh sama satu lagi, tempat tidurnya apek/ngga. Kalo apek.. udah deh ga bisa tidur nyenyak pasti :\

• Kamar mandi itu wajib banget Ta, duh kalau jorok gw pasti bete. Gw jg most of the time bawa sandal jepit dr rumah gt, buat jaga2 kalau jorok hahahaha. Tempat tidur itu juga yaaa penting kalau apek pasti gak nyaman.

4. Semoga komentarmu mengenai wedang ronde dan es dawet di tempat ini didenger sama yang punya tempat, sayang soalnya suasananya udah bagus, artistik dan terlihat nyaman banget tapi makanan/minumannya kurang mendukung. Kayaknya ini bisa jadi alternatif penginapan yang oke deh kalau nanti kapan-kapan ke Solo lagi. Thanks reviewnya, Gy!

• Beberapa orang bilang bakminya enak Bam, tapi gw gak coba. Tapi bener banget kan kalau di tempat yang suasananya Jawa kalau malam enaknya ngewedang ya. Kemarin udah disampaikan ke pihak restaurant nya semoga didengar πŸ˜€ tapi selain itu, tempat ini sip banget!

5. Wah nampak seperti my kind of vacation banget! Gw kalo liburan cuman pingin leyeh-leyeh, baca buku dan ga jauh-jauh dari pantai/kolam renang. + pake celana pendek seharian πŸ˜€

Selamat ulang tahun yang buat Papa-nya Aggy. Sehat hepi selalu ya Oom πŸ™‚

• Iyaaaa rindang banget. Tapi gak serem kokkk beneran deh, pas malam juga aku ngerasa biasa aja. Kadang klo yg tradisional gini suka singup kan, ini gaakkkk makannya suka hehehe

6. Hotelnya asiiikkk. Suka banget sama suasana tradisional kayak gitu. Rasanya jadi hangat, tenang, damai, duduk-duduk santai di sore sambil memandangi kolam (dan isinya hehe) pun sudah cukup.

Btw kalo butuh pelarian cepat tapi bosen sama Solo, coba ke Purworejo πŸ˜€

• Iya enak banget duduk di sini sore2 minum teh dan makan pisang goreng hangat yaaa. Wah ide yang bagus Purworejo, selama ini hanya ngelewatin doank belum pernah mampir πŸ™‚

7. Terakhir dan pertama kalinya ke Solo, aku menginap di Rumah Turi. Ada di pusat kota, tapi hotelnya asri dan unik. Tapi kalau misalnya ada waktu ke Solo lagi, dan cuma untuk santai-santai kayanya aku pengen cobain hotel ini deh kak. Tampak menarik, dan yang terpenting ada kolam renangnya. Meskipun mungkin harus siap-siap cari kendaraan ya, secara memang Solo Baru itu agak jauh dari pusat kotanya.

Semoga di kesempatan liburan selanjutnya, dirimu lebih sehat ya kak. Dan aku doakan makin sehat, sehat dan sehat terus. Aamiin πŸ™‚

• Eh aku juga waktu itu lihat Rumah Turi dan tertarik juga tapi entah kenapa lihat review2nya Warisan lbh tertarik hehehe. Iyaaa kayaknya harus ada kendaraan karena lokasinya agak di pinggiran. Terima kasih yaaa Bart! Semoga klo jalan2 lagi gak pake drama sakit πŸ˜€