Channel Yoga Favorit di YouTube

Setahun terakhir ini saya memutuskan untuk melakukan olahraga yoga secara rutin. Awalnya saya hanya ingin menguatkan otot-otot saya, tapi setelah beberapa bulan rutin saya merasakan ketenangan jiwa juga.

Saya belum berani gabung dengan kelas yoga yang terkadang ramai dan tentunya saya tidak pernah bisa kan memprediksi pesertanya sehat semua. Untuk itu saya memilih untuk mendatangkan guru privat ke rumah.

Photo from here

Ternyata guru yoga saya enak diajak ngobrol dan dia memahami kondisi saya. Dia menyarankan saya fokus ke meditasi dan yin yoga saja. Nanti kalau sudah kuat bisa belajar yang lainnya. Saya sangat cocok dengan guru saya ini jadi sampai sekarang saya masih privat sama dia, terkadang ada teman yang gabung (dengan catatan dia sehat). Guru saya ini juga sudah tahu, kalau dia tidak enak badan atau batuk/pilek pasti langsung membatalkan janjinya. Pokoknya sudah klop ya 😀Saya tetap melakukan yoga tiap hari walaupun bertemu dengan guru saya hanya seminggu/dua minggu sekali saja. Nah persoalannya saya sering bingung dengan urut-urutannya dan rasanya aneh kalau tidak ada yang membimbing. Akhirnya saya cari beberapa channel YouTube Yoga.

Ternyata ada banyak sekali! Dari yoga saat sakit sampai yoga untuk pelari, wah bingung sekali memilihnya. Saya coba beberapa yang direkomendasikan setelah membaca beberapa artikel. Setelah mencari dan coba-coba beberapa instruktor saya paling cocok dengan empat channel. Saya mengikuti kelas-kelas online mereka, namun jika ada pose yang saya kurang berani untuk melakukan, akan saya skip dan saya tanyakan ke guru saya. Selain itu, apabila dalam kelas mereka ada pose-pose yang saya tidak mampu, saya ganti dengan pose lain. Yah yang jelas mungkin memang lebih enak apabila ikut kelas yoga di sebuah studio namun saya masih belum berani ikut kelas di luar. Ini merupakan jalan terbaik dan sejauh ini saya cukup senang dengan kelas-kelasnya yang beragam.

Berikut ini channel-channel favorit saya, semoga bisa bermanfaat buat kalian juga:

Yoga With Adriene

Adriene ini awalnya saya gak suka karena dia berisik kalau lagi ngajar hahaha. Dia sering ngomong banget dan buat saya ketawa jadi ga bisa fokus. Nah tapi kelas-kelasnya dia seru dan beragam banget. Saya memperhatikan di video-videonya yang di bawah tahun 2016, dia terlalu berisik. Namun di video-videonya yang baru, dia lebih menenangkan (gak tahu ini hanya perasaan saya saja atau karena sudah terbiasa sama dia ya).

Tahun lalu saya coba beberapa kelasnya dan saat ini saya lagi suka banget mengikuti programnya TRUE 30 Day Yoga.

Yoga With Kassandra

Ini favorit dari favorit-favorit saya! Kassandra ini suaranya menenangkan sekali. Menurut saya ritme yoganya juga tidak terlalu terburu-buru, sangat pas untuk saya yang super beginner. Beberapa video beginner-nya juga cocok untuk saya lakukan. Ini salah satu video favorit saya adalah 30 Min Beginner Yoga.

Brett Larkin Yoga

Brett ini menurut saya sangat karismatik. Kelas-kelas onlinenya juga beragam, banyak yoga challenge. Selain itu, suaranya dia juga sangat enak untuk didengarkan. Beberapa videonya saya sangat suka, tapi menurut saya kadang pose-posenya agak sedikit susah untuk saya. Enaknya, dia sering memberi semangat kalau tidak bisa pose tertentu, dia memberikan beberapa alternatif pose yang lebih gampang.

Yoga By Candace

Nah untuk Yoga By Candace, saya memang suka sekali dengan suaranya yang soothing (kayaknya salah satu faktor terpenting dari seorang guru yoga bagi saya adalah suaranya ya :D). Video-video favorit saya dari channel ini adalah yoga before sleep dan yoga in bed. Kalau sedang capek sekali atau sedang ke luar kota, saya memilih untuk melakukan yoga di kasur atau stretching yang gampang. Sebenarnya saya paling jarang ke channel ini karena memang video favorit saya dari Yoga By Candace adalah yang sebelum tidur dan di kasur, namun dia juga banyak video lainnya (yang belum saya eksplor juga).

Apakah anda juga pernah mengikuti yoga dengan YouTube? Punya channel favorit?

Advertisements

8 thoughts on “Channel Yoga Favorit di YouTube

  1. I love yoga too, Gy. Tapi aku ikut yoga kelas sih jadi so far ga perna yoga dari you tube. Kl dirumah aku practise sendiri aza. Yin yoga is good for ypu krn msh lbh gentle dari yoga2 lainnya. Kl your body uda getting stronger try vinyasa, it’s good because it also has core practices. Agree with you, yoga also calm my mind and keep me grounded. Namaste!😀🙏🏻

    Like

  2. Aku sempet coba2 yoga lewat youtube, adanya frustasi karena yang instrukturnya banyak ngocehnya. Terus pake app jadinya, namanya Asana Rebel, ga full yoga sih, kombi. Sempet ikut kelas juga, nggak tahan karena terlalu selow akhirnya sekarang ga yoga, padahal sempet beli mat dan segala macamnya haha

    Like

    • Ahahaha iya emang gak semua orang cocok ya dengan yoga. Aku suka yang instrukturnya lembut2 gitu, ga tll banyak omong tp bisa guide. Dan emang aku cari yang slow karena badanku blm fleksibel 😀 tapi mungkin kalau kondisiku ga kayak gini juga mgkn ga telaten ya ama yoga hehehe

      Like

  3. Di Youtube memang banyak channel-channel untuk olahraga di rumah begitu ya. Kadang aku juga cobain untuk aerobik, hehehe 😀 . Tapi rasanya tetap lebih efisien kalau di gym! Di rumah mah banyak godaannya, hahaha 😆

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s