Kuliner Salatiga yang Legendaris dan Tak Terlupakan

Salatiga adalah tempat saya menghabiskan masa kecil, dari TK hingga SD. Saya ingat hari-hari saya di kota kecil yang adem ini sungguh menyenangkan. Walaupun kota ini kecil, menurut saya banyak sekali tempat makan yang enak. Tempat-tempat makan ini biasanya dikelola oleh sebuah keluarga, memakai resep andalan turun temurun. Mungkin karena ini lah makanan yang sederhana bisa terasa sangat lezat.

Tentunya saya sudah beberapa kali berkunjung ke Salatiga karena masih banyak sekali teman-teman keluarga di sana. Saat di sana kami selalu menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat-tempat makan yang dulu sering kami datangi. Ceritanya ingin nostalgia. Beberapa tempat makan ini masih seperti dulu, ada yang sudah berubah sedikit, ada pun yang sudah tutup (sungguh sayang sekali!). Selain itu, kami juga kerap diajak untuk mencicipi tempat-tempat makan baru.

Kali ini saya mau berbagi informasi kuliner di Salatiga, baik yang legendaris maupun yang baru namun tak terlupakan.Soto Kesambi

Soto ini favorit keluarga kami! Tempatnya di gang yang lumayan sempit, tapi selalu ramai dengan pelanggan. Tiap porsinya disajikan di mangkuk kecil. Isinya nasi, ayam suwir, taoge dan bawang goreng disiram dengan kuah bening yang panas. Wah membayangkannya saja saya sudah kemlecer! Selain sotonya yang enak, kalau datang pagi-pagi pasti sudah siap berbagai macam lauk seperti tempe goreng, perkedel, sate telur puyuh dan lain sebagainya. Oh ya, jangan lupa karak untuk menemani soto anda!

Soto ini paling cocok dimakan pagi hari

Alamat: Jalan Gladagan No. 682

Selain Soto Kesambi, ada beberapa soto lainnya yang menjadi favorit orang-orang. Menurut saya, saingan Soto Kesambi yang juga patut dicoba adalah Soto Esto. Soto ini mungkin “berbeda aliran” dengan Soto Kesambi karena kuahnya lebih kental dan kuning.

Ronde Jago

Kebetulan saya kenal dengan keluarga dibalik ronde yang sangat populer ini. Saya sangat dekat dengan oma pemilik Ronde Jago, bahkan bisa dibilang dia seperti oma saya sendiri. Sewaktu saya kecil oma dan opa ini sering sekali menghantarkan ronde ke rumah saya. Saya selalu makan dengan lahap karena ronde ini cocok sekali dengan udara Salatiga yang (dulu) lumayan dingin. Ketika saya akhir-akhir ini sakit, oma selalu menanyakan keadaan saya dan tidak tanggung-tanggung dia selalu menyempatkan waktu ke Jogja untuk menjenguk. Oma orangnya sangat tangguh dan aktif bahkan ketika ditinggal opa pun dia tetap menjadi seorang wanita yang gigih. Usaha rondenya ini tidak akan menjadi besar seperti sekarang kalau bukan karena usaha oma dan opa.

Sayang sekali tahun kemarin oma meninggal dunia, saya sedih bukan main. Tiap ke Salatiga saya selalu datang mengunjunginya, dia yang sedang sibuk melayani pelanggan-pelanggannya akan langsung berhenti dan menarik saya dalam pelukannya. Lalu saya akan ditarik masuk dan selalu diberi ronde khasnya itu. Ah saya rindu sekali dengan oma.

Saya mengatakan ronde ini sungguh legendaris bukan hanya karena saya kenal dekat dengan oma pemilik ronde, namun saya tahu betul bahwa bahan-bahannya semua terbuat dengan tangan. Sekarang ronde ini dijalankan oleh anak-anak oma, rasanya masih sama. Tempat ini selalu ramai pengunjung bahkan saat liburan pasti akan penuh sesak hingga tidak kebagian tempat duduk. Favorit saya adalah wedang ronde yang berisi kolang-kaling, kacang, agar-agar dan ronde. Rondenya ada yang kecil dan juga besar yang berisi kacang. Kuahnya memiliki rasa yang khas, ada jahenya yang kuat dan juga irisan jeruk kering yang membuat Ronde Jago istimewa.

Wedang Ronde paling enak sedunia!

Ronde Jago juga baru saya membuka cabang di Semarang. Saya berharap Ronde Jago juga akan buka di Jogja!

Alamat: Jalan Jendral Sudirman No.9 

Toko Roti Tegal

Toko roti ini tidak menjual kue-kue hits yang banyak digemari anak-anak zaman sekarang. Toko ini menjual roti-roti klasik seperti roti pisang, roti coklat dan roti keju. Ada beberapa macam bolu, bikang ambon (favorit saya), sus, kue lapis dan roti khas mereka yang hanya ada saat hari Minggu. Roti-roti ini dibuat fresh setiap hari. Jika anda ke tempat ini pada jam 11 an siang maka akan tercium aroma roti yang baru saja keluar dari oven. Sungguh lezat! Toko roti ini selalu ramai dan jika tidak datang awal pasti akan kehabisan.

Berbagai kue lapis

Yang saya gemari adalah roti-roti klasiknya terutama rasa cokelat pisang. Selain itu saya juga senang sekali dengan susnya yang berisi vla lezat. Beberapa saat yang lalu saya melihat masih ada donat dan saya langsung membelinya. Donat sederhana yang dibaluri meises ini rasanya menandingi J-Co dan Dunkin’ Donuts, enak sekali!

Bikang Ambon

Alamat: Jalan Jendral Sudirman No. 166

Rumah Makan Citra (Mi Jakarta)

Satu lagi tempat makan yang sudah saya kenal sejak kecil. Tante dan oom pemilik rumah makan ini kebetulan adalah teman orang tua saya. Anak mereka juga akrab dengan saya dan adik. Saya tahu betul makanan yang ada di rumah makan ini digarap oleh oom dan tante dengan penuh kesungguhan sejak dulu hingga sekarang. Tak heran jika rumah makan ini banyak penggemarnya dan selalu penuh dengan orang.

Spesialisasi mereka adalah mi ayam. Mi-nya sangat kenyal, saya jarang sekali menemukan mi yang seperti ini di Jogja. Oom pemilik lah yang membuat mi ini sendiri, pantas saja kualitasnya terjaga. Saya selalu memesan mi ayam jamur ditambah dengan satu porsi pangsit goreng yang renyah. Pangsit gorengnya enak sekali!

Sederhana tapi nikmat!

Selain mi ayam, mereka juga memiliki berbagai macam pilihan. Salah satu kesukaan mama adalah nasi tim ayam. Ini makanan yang sangat cocok apabila sedang sakit dan nasi tim mereka sungguh tiada duanya kata mereka yang menyukai nasi tim (kebetulan saya tidak begitu doyan nasi tim).

Alamat: Salatiga Plaza H-5 (JL. Jenderal Sudirman No. 61)

Rumah Makan Maju

Tepat di sebelah Roti Tegal, ada rumah makan sederhana bernama Maju. Rumah makan ini selain menyediakan berbagai lauk prasmanan juga menyediakan menu khas mereka. Salah satunya adalah nasi empal. Empalnya sangat khas, garing dan renyah, disajikan dengan nasih putih hangat. Sangat cocok dimakan dengan sambal yang sudah mereka sediakan. Selain itu ada juga sop mereka yang sangat enak dengan bola-bola ayam dan berbagai sayuran. Galantin ayam mereka juga lumayan enak walau menurut saya nasi empal mereka lebih lezat.

Nasi empalnya enak!

Alamat: Jalan Jendral Sudirman No.164

Warung Teko

Terakhir kali saya ke Salatiga, saya diajak ke Warung Teko. Saya belum pernah ke sini, tempat makan ini termasuk baru. Saya diberi tahu bahwa tempat ini menjual makanan Bali. Aneh sekali ada masakan Bali di kota kecil seperti Salatiga. Saya agak ragu.

Namun ketika datang, saya langsung senang dengan tempatnya yang terbuka dan sangat bersih. Tidak ada seorang pun yang makan di situ, jadi saya masih agak pesimis. Si oom pemilik langsung menyapa kami, ternyata yang mengantarkan saya sudah beberapa kali ke sini dan oom pemilik ingat. Si oom langsung menjelaskan makanan yang tersedia dan spesialisasi rumah makan ini. Dia berkata kepada kami bahwa dia pernah tinggal di Bali selama 15 tahun.

Nasi campur

Memang menyajiannya sedikit lama. Ini pertanda bagus karena pasti semua dimasak langsung namun kabar buruk bagi yang kelaparan seperti saya saat itu haha. Setelah beberapa saat, nasi campur yang saya pesan datang. Duh tampak begitu menggoda. Ada sate lilit ayam, ayam suwir pedas, sayuran, urap, botok dan ikan teri. Selain itu kami juga memesan ikan bumbu Bali.

Ikan bumbu Bali yang menggoda

Semua yang kami pesan rasanya sangat enak! Sungguh cocok di lidah saya dan bahkan saya tambah lagi satenya. Sate lilitnya juara banget! Ada rasa kelapa yang pas dipadu dengan ayam yang manisnya pas juga. Duh saya harus ke tempat ini lagi kalau ke Salatiga!

Oh ya mendadak setelah kami melahap semua makanan yang di meja, tempat ini sudah ramai oleh pengunjung! Ternyata tempat ini semakin malam semakin ramai!

Alamat: Jalan Nakula Sadewa, Dukuh

Manna Resto

Ini salah satu restoran yang memiliki menu pizza dan pasta yang lumayan enak. Menurut papa saya, kopi tubruknya juga enak sekali. Sebenarnya saya lebih jatuh cinta dengan tempatnya ketimbang makanannya. Makanannya tentu enak dan terjangkau, namun ya karena di Jogja banyak sekali tempat pizza dan pasta yang (lebih) enak maka saya tidak terlalu heran. Namun gedung tempat restoran ini sangat unik karena dia mengubah rumah tua menjadi restoran yang nyaman. Karena saya penggemar lantai dan tegel cantik, maka saya sangat betah berada di restoran ini.

Tegel-tegelnya bagus sekali 😀

Alamat: Jl. Patimura No.30

***

Salatiga memang penuh dengan kuliner menarik. Beberapa yang tidak saya sebutkan (karena saya jarang makan bakso dan sate sapi) adalah berbagai bakso yang sering dibanggakan oleh warga Salatiga dan juga sate sapi suruh yang letaknya berdekatan dengan Ronde Jago.

Nah bagi yang sering ke Semarang, tidak ada salahnya mampir ke Salatiga untuk mencoba beberapa kulinernya yang menarik itu. Selamat makan!

Apakah anda sudah pernah ke Salatiga? Kuliner apa yang pernah anda cicipi?

Advertisements

16 thoughts on “Kuliner Salatiga yang Legendaris dan Tak Terlupakan

    • Wah saya belum pernah dengar soto rumput! Menarik 🙂 Saya suka ngobrol dengan orang2 yang pernah ke Salatiga, kadang mereka punya rekomendasi tempat makan yang bukan langganan saya hehe. Salam kenal juga 🙂

      Like

  1. OMG bacanya ngiler banget Gy.. pengen semua! Aku tadinya gak kepikiran ke Salatiga karena gak tau ada apa disana, tapi sekarang jadi pengen mampir buat kulineran kapan2 kalau ada kesempatan 🙂 btw pas baca mikir Karak apaan sih.. eh ditanya juga sama Dixie hehehe

    Like

    • Salatiga emang gak ada apa2nya sih klo utk sightseeing tapi kulinernya mayan gahahah. Kadang orang mampir klo dari Semarang 😀 Karak jarang org yang tahu yaa ternyata. Aku di Jogja juga jarang nemu, keknya cm populer di Jateng deh 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s